Jumat 17 April 2020, 09:45 WIB

Gubernur NTT Minta Seluruh Daerah Jaga Pasokan Pangan

Palce Amalo | Nusantara
Gubernur NTT Minta Seluruh Daerah Jaga Pasokan Pangan

MI/Palce Amalo
Gubernur NTT Viktor Laiskodat

 

GUBERNUR Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat meminta seluruh bupati dan wali kota di daerah itu menjaga stabilitas pasokan bahan pangan di tengah pandemi korona. Antara lain mendorong pertanian, perikanan dan peternakan yang menjadi kekuatan NTT terus berproduksi, namun para petani, peternak dan nelayan harus diingatkan tetap menerapkan protokol yang sudah ditetapkan yakni mengenakan masker, mencuci tanga, tidak berjabat tangan, dan menjaga jarak minimal satu meter.

"Progam pertanian harus terus jalan. Daerah yang punya cukup air di musim kemarau tanam lagi," kata Laiskodat lewat teleconference bersama 22 bupati dan wali kota se-NTT, Jumat (17/4).

Hal yang sama juga berlaku untuk sektor lainnya seperti perikanan. Dengan demikian pasokan bahan pangan ke masyarakat tetap lancar. Menurutnya, beberapa perkebunan jagung seperti di Kabupaten Timor Tengah Selatan akan menanam lagi di awal musim kemaru ini, setelah selesai panen raya. 

"Sekitar 200 hektare bisa tanam sekali lagi," katanya.

Sedangkan kabupaten lainnya yang mengalami keterbatasan pasokan air, Laiskodat minta menanam tanaman yang tidak membutuhkan banyak air, bisa menanam kelor. Vikyor meminta pemberdayaan ekonomi sesuai kondisi daerah. 

Menurutnya, pandemi korona telah menimbulkan ketakutan di seluruh dunia, namun dia minta masyarakat tidak takut berlebihan sehingga tidak bekerja di kebun maupun di sawah atau menangkap ikan di laut. Sebaliknya, masyarakat juga tidak boleh percaya diri berlebihan, tetap mengikuti protokol pemerintah.

"Kita tanam dan panen tetapi jaga protokol," ujarnya.

baca juga: Pertamina MOR IV Bantu Masyarakat dan UMKM Hadapi Wabah Covid-19

Selain itu, pekerjaan fisik seperti yang melibatkan banyak orang juga harus berjalan, kecuali pekerjaan yang anggaranya telah dialihkan ke penanganan pandemi korona. Dengan demikian, pembangunan tetap berjalan agar perekonomian NTT tidak terpuruk terlalu jauh. (OL-3)
 

Baca Juga

DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...
Medcom

Nakes Di Buleleng Segera Jalani Vaksinasi Dosis Booster Kedua

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:55 WIB
TENAGA kesehatan (nakes) kembali mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali yang menjadi garda terdepan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya