Rabu 26 Juni 2019, 19:09 WIB

11.500 Ayam Potong Dibagikan Gratis ke Warga

Akhmad Safuan | Nusantara
11.500 Ayam Potong Dibagikan Gratis ke Warga

Istimewa
Brosus bagi-bagi 11.500 Ekor Ayam Gratis

 

HARGA ayam potong anjlok di tingkat peternak, Asosiasi Peternak Ayam dan mitra ayam broiler bagi-bagikan 11.500 ekor ayam potong secara gratis kepada warga Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pemantauan Media Indonesia, Rabu (26/6), ribuan warga di beberapa lokasi di Kota Semarang sudah antre sejak pagi di beberapa titik untuk mendapatkan pembagian ayam gratis yang dilaksanakan oleh asosuasi peternak ayam dan mitra ayam broiler.

Undangan terbuka yang disebarluaskan melalui media sosial (medsos) mengundang warga untuk datang ke beberapa lokasi pembagian yang telah ditentukan Dinas Pertanian seperti di Jalan Slamet Riyadi, Pasar Bulu, Pasar Jatingaleh, Pasar Pedurungan, Pasar Gayamsari, dan Pasar Kramas (Tembalang) Kota Semarang dengan jumlah 11.500 ekor.

Dalam pembagian ribuan ayam potong tersebut, dilakukan dengan berbagai cara yakni dengan menunjukan KTP, namun sebagian dengan cara penukar kupon yang sehari sebelumnya telah dibagikan kepada warga melalui kepala lingkungan masing-masing, sehingga pembagian tidak sampai menimbulkan keributan.

Baca juga: Harga Anjlok, Peternak Ayam Pilih Kosongkan Kandang

Di depan Kantor Dinas Pertanian Kota Semarang, sedikitnya 3.000 ekor ayam potong dibagikan kepada warga yang sudah antre. Setiap warga menukarkan kupon atau menunjukkan KTP dengan seekor ayam potong.

"Saya datang setelah sebelumnya mendapat kupon dari Ketua RT di tempat saya, menunggu sejak pagi dan ketika mobil pembawa atam datang langsung antre," kata Haryani,34, warga Gayamsari, Kota Semarang

Perwakilan mitra penyalur ayam PT Mustika Jaya Lestari Yudi Ahmad Ashadi mengatakan, harga ayam potong di tingkat peternak anjlok hingga Rp7.000 per kilogram, sehingga para peternak merugi cukup besar. Ironinya, harga daging ayam potong di pasar masih tetap stabil Rp25.000-Rp30.000 per kilogram.

"Dengan harga tersebut seharusnya peternak masih bisa jual Rp20.000 per kilogram, tapi sekarang hanya Rp7.000 per kilogram," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Rusdiana mengatakan bahwa ayam potong yang dibagikan secara gratis tersebut layak kesehatan, karena sebelumnya ribuan ayam itu telah diberikan disinfektan. "Sebelum dibagi telah diperiksa dan diberi disinfektan, sehingga aman," imbuhnya. (X-15)

Baca Juga

dok.pemprov jateng

Sosialisasikan UU Ciptaker, Ganjar Usul Ada Layanan Informasi Publik Interaktif

👤Haryanto 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 14:41 WIB
GUBERNUR Jateng Ganjar Pranowo mengusulkan kepada Satgas Percepatan Sosialisasi UU Ciptaker untuk menghadirkan layanan informasi publik...
dok.ist

Emak-emak Sumut Doa Bersama agar Dapat Pemimpin yang Tepat di 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 14:35 WIB
RELAWAN Mak Ganjar mengikuti acara doa bersama di lapangan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Mereka yang berbeda agama...
DOK/PHI GROUP

Pelangi Hotel Internasional Kelola Taman Wisata Air Krakatau Kahai Beach Lampung

👤Media Indonesia 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 12:45 WIB
Hotel dan permainan air ini memiliki lokasi yang sangat strategis, karena berada di pinggir pantai, dengan pemandangan laut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya