Minggu 03 Maret 2019, 12:15 WIB

KPU Medan Pastikan tidak Ada Surat Suara Tercoblos

Puji Santoso | Nusantara
KPU Medan Pastikan tidak Ada Surat Suara Tercoblos

ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

 

SEBUAH video yang menyebutkan kantor KPU Kota Medan ricuh dan surat suara dicoblos beredar di media sosial. Video yang sempat menghebohkan lini masa di wilayah Sumatra Utara tersebut dimuat di laman Facebook oleh  pemilik akun dengan nama Muhamad Adrian.

Pada laman berisi video tersebut, pemilik akun bahkan menuliskan kata-kata kasar terkait isi rekaman tersebut. "Memang keparat kau KPU di Sumatra Utara, surat suara  sudah tercoblos 01 semua?" tulis akun atas nama Muhamad Adrian itu.

Dalam tempo singkat, postingan tersebut langsung ramai ditanggapi para netizen. Total video tersebut ditayangkan sebanyak 287 tayangan dan 50 kali dibagikan.

Namun, akun tersebut hanya bertahan dalam waktu yang  cukup singkat. Sejak Sabtu (2/3) malam, akun tersebut tidak lagi  ditemukan meskipun sudah sempat dicapture pihak KPU Kota Medan.

KPU Kota Medan langsung memberikan klarifikasi atas beredarnya video yang menayangkan rekaman kerusuhan dan seolah-olah hal tersebut  terjadi di kantor mereka.

Baca juga: Jangan Henti Melawan Hoaks

Ketua KPU Medan Agussyah Damanik mengatakan video yang beredar pada akun Facebook yang menyebutkan peristiwa tersebut terjadi di Kantor KPU Medan tersebut tidak benar atau hoaks.

KPU Medan mengaku saat ini tidak ada kerusuhan di kantor mereka seperti yang disebutkan dalam video tersebut. Agussyah memastikan kantor mereka maupun surat suara pemilu 2019 dalam kondisi aman.

"Saya, Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik, ingin menyampaikan klarifikasi terhadap pemberitaan isu terkait beredarnya video  yang tersebar di medsos seolah-olah terjadi kerusuhan di kantor KPU  Medan dan diisukan bahwa surat suara tercoblos. Saya katakan itu tidak benar sama sekali," katanya saat memberikan keterangan di Kantor KPU Sumatra Utara didampingi anggota KPU Medan Rinaldi Khair dan tiga komisioner KPU Sumut yakni Mulia Banurea, Herdensi Adnin, dan Benget Silitonga, kepada para wartawan, Sabtu (2/3) malam.

Agussyah menjelaskan, saat ini, surat suara pemilu 2019 untuk Kota Medan  dalam kondisi aman dan dijaga ketat petugas kepolisian di Gudang Andromeda, gedung eks Bandara Polonia Medan. Karenanya, ia berharap masyarakat tidak terprovokasi hoaks tersebut.

"Logistik surat suara kita terjaga dengan aman di bawah penjagaan aparat  kepolisian 24 jam. Kami imbau masyarakat di Kota medan untuk tidak mudah terpengaruh berita bohong dan tidak terprovokasi isu yang tidak  benar. Mari kita jaga kondusifitas kota kita ini dengan sama-sama berfikir positif saja," ujar Agussyah. (OL-2)

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya