Kamis 21 Februari 2019, 11:25 WIB

Program TMMD Bangun 13 RTLH di Tasikmalaya

Kristiadi | Nusantara
Program TMMD Bangun 13 RTLH di Tasikmalaya

MI/Kristiadi

 

 

KOMANDO Distrik Militer 0612 Tasikmalaya bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menggelar program Nasional Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang digelar di Kampung Sukamaju, Desa Cintalahab, Kecamatan Karangjaya. 

Melalui program TNI tersebut, dibangun 13 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bersama masyarakat guna menetaskan angka kemiskinan.

"Sebelumnya, di 2017 Badan Pusat Statistik (BPS) telah mencatat angka kemiskinan yang ada di 39 Kecamatan, Kabupaten Tasikmalaya berjumlah 189.350 kepala keluarga, kategori miskin dengan penduduk sebanyak 1.806.775 jiwa. Pembangunan tersebut menjadi program TMMD ke 104 dengan membangun 13 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)," ujar Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Nur Ahmad, Rabu (20/2).

Nur mengatakan rumah yang dibangun melalui program RTLH ialah upaya TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam menetaskan angka kemiskinan yang selama ini masih terbilang cukup tinggi atau 10,84%. Malah pengentasan kemiskinan, kata Dandim, tentu menjadi tanggung jawab semua baik anggota TNI maupun pemerintah daerah. 

Berdasarkan hasil laporan di lokasi, pembangunan dipimpin langsung oleh Danramil beserta para anggota dibantu 40 orang masyarakat setempat.

"Semoga dengan adanya program rutilahu, paling tidak hidup tinggal masyarakat miskin membaik dari sebelumnya. Beban berat yang dialami masyarakat miskin untuk membangun rumah, menjadi sebuah kebahagiaan dengan sendirinya," katanya.

 

Baca juga: Di Tasikmalaya, 30 Kotak Suara Rusak

 

Sementara, Kepala Desa Cintalahab Mahpudin, Program TMMD tersebut juga mencangkup pengaspalan jalan sepanjang 1.285 meter. Hal ini dinilai akan membua masyarakat desa bersemangat kembali terutama dalam meningkatkan perekonomian. 

"Alhamdulilah, program TMMD yang dilakukan oleh TNI AD bisa membantu pemerintah Desa dan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya," tambahnya. 

Ia juga berharap anggaran dana desa yang diberikannya selama ini bermanfaat bagi masyarakat untuk mendorong perekonomian termasuk memberi berbagai kegiatan usaha. 

"Dana desa yang telah diberikan pemerintahan Jokowi paling banyak digunakan untuk infrastruktur jalan Desa, pembangunan sarana dan prasarana yang memadai untuk masyarakat di Desa," paparnya. (OL-3)

Baca Juga

Ant/Ernes Broning Kakisina

Tawuran Dua kelompok Warga di Sorong Belasan Orang Meninggal

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:47 WIB
PERTIKAIAN dua kelompok warga di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Selasa (25/1) dini hari mengakibatkan belasan orang meninggal dunia,...
 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Masyarat Tionghoa Peduli Gelar Donor Darah Bantu Penuntasan DBD di Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:55 WIB
Masyarakat Tionghoa Peduli sudah menggelar donor darah sejak tahun...
  ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tingkatkan Kemantapan Jalan

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:50 WIB
Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat memastikan  akan segera melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya