Selasa 27 Desember 2022, 23:17 WIB

Hujan Deras Berpotensi Landa Jakarta Besok

Widhoroso | Megapolitan
Hujan Deras Berpotensi Landa Jakarta Besok

ANTARA
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi di wilayah Jabodetabek pada Kamis (28/12).

"Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, namun bukan badai," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Selasa (27/12).

Atas prakiraan cuaca tersebut, ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan terus memperbaharui informasi melalui kanal-kanal resmi BMKG. Guswanto menambahkan, masyarakat juga diimbau tetap waspada terhadap segala potensi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun.

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," tuturnya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi bahkan sangat tinggi masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023. Ia menambahkan, peningkatan curah hujan dengan intensitas tinggi hingga sangat tinggi berpotensi terjadi pada 30 Desember 2022.

Terkait badai, ia menjelaskan, menurut terminologi meteorologi adalah bagian hujan lebat dan angin kencang yang biasanya terkait dengan siklon tropis atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan sekitar 64 knot-72 knot. Ia berharap masyarakat memiliki pandangan yang sama soal terminologi badai. 

Sebelumnya diberitakan, salah satu peneliti memaparkan potensi hujan ekstrem hingga badai dahsyat terjadi pada 28 Desember 2022. Hal itu membuat sejumlah masyarakat khawatir akan bencana tersebut. (Ant/OL-15)

Baca Juga

Antara

Ketahui Hal Ini Sebelum Menyaksikan Konser Dewa 19

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:38 WIB
Penonton konser musik Dewa 19 menaiki bus pengumpan (shuttle bus) dari Jakarta International Expo di Kemayoran dan Pantai Karnaval di...
Instagram @officialdewa19

Ribuan Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan dalam Pengamanan Konser Dewa 19

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:22 WIB
SEBANYAK 2.174 gabungan TNI-Polri dikerahkan dalam pengamanan Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 akan digelar di Jakarta...
Antara/Feny Selly

Tekan Stunting, DPRD Minta Pemprov DKI Lakukan Revitalisasi Posyandu

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:14 WIB
Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Idris Ahmad meminta Pemprov DKI menjalankan arahan Menteri Kesehatan Budi Gunadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya