Senin 05 Desember 2022, 10:40 WIB

Gerindra: Pj Heru Tidak Ada Etika Soal Pergantian Sekda DKI, Ini Alasannya

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
Gerindra: Pj Heru Tidak Ada Etika Soal Pergantian Sekda DKI, Ini Alasannya

dok.ist
Penjabat (Pj) Gubernur DKI, Heru Budi Hartono

 

PENJABAT (Pj) Gubernur DKI, Heru Budi Hartono dinilai tidak menghargai putra betawi. Pencopotan Marullah Matali dari posisi Sekretaris Daerah Provinis (Sekdaprov) DKI membuat warga Betawi sangat kecewa.

“Saya sebagai putra Betawi dan juga Ketua Umum Forkabi kecewa sama Heru. Heru tidak boleh semena-mena. Harus ada etika. Saya tersinggung,” tegas Abdul Ghoni, anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI tersebut dalam keterangannya, Jakarta, dikutip Senin (5/12).

Abdul Ghoni yang juga Ketua Umum Forkabi ini, mengungkapkan, sejak Gubernur Joko Widodo, Basuki T. Purnama, Djarot hingga Anies Baswedan, posisi Sekda selalu dari putra daerah (Betawi).

"Pj Heru harusnya punya etika dan tata krama. Ini sama saja, Heru tak memiliki etika dan tata krama. Menjadikan Uus Plt Sekdaprov itu tak beretika," sesalnya.

Apalagi, jelas Ghoni, Heru hanya penjabat yang tidak dipilih secara langsung oleh warga DKI Jakarta. Heru hanya ditunjuk Presiden sebagai Pj.

“Ini merupakan penghinaan bagi warga Betawi. Sejak dulu enggak ada tuh, Gubernur DKI mengganti Sekdaprov dengan Pelaksana tugas (Plt). Rusak tata etika kita,” ucapnya.

Dia menambahkan, Gubernur Anies Baswedan lebih menghargai masyarakat Betawi ketimbang Heru. Sebab, sejak dilantik sebagai gubernur 2017 Sekdaprov selalu putra Betawi.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menunjuk Asisten kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI Uus Kuswanto menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta menggantikan Marullah Matali yang ditempatkan pada posisi lainnya.

Marullah Matali sendiri ditempatkan pada posisi baru sebagai Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata. Baik Marullah dan Uus, keduanya dilantik di Balai Agung, Kompleks Balai Kota Jakarta oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, pada Jumat (2/12). (OL-13)

Baca Juga: Kemendagri Benarkan telah Izinkan Heru Copot Sekda DKI Jakarta

Baca Juga

Akibat Disiram Air Panas, Remaja Korban Penganiayaan Orangtua di Depok Masuk Ruang Operasi

👤Kisar Rajagukguk 🕔Selasa 07 Februari 2023, 00:56 WIB
Polisi juga sedang mengusut terkait dugaan korban mengalami kekerasan dalam rumah tangga...
MI/Rudi K

Jakpro Sebut Promotor Konser Dewa Sudah Antisipasi Keramaian

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:27 WIB
VP Corsec PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Syachrial Syarif  mengatakan pihak promotor konser telah melakukan persiapan untuk...
Dok MI

Soal Kasus Gagal Ginjal Anak Terbaru, Dinkes DKI Imbau Orangtua Bijak Beri Obat

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:08 WIB
"Kalau pun minum obat lagi pastikan sesuai resep dan anjuran dokter baik obat puyer atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya