Minggu 20 November 2022, 19:23 WIB

Halte Transjakarta HI dan Lebak Bulus Jadi Pilot Project Halte Ramah Difabel

Selamat Saragih | Megapolitan
Halte Transjakarta HI dan Lebak Bulus Jadi Pilot Project Halte Ramah Difabel

Antara
Halte Transjakarta Lebak Bulus.

 

PT TRANSPORTASI Jakarta (Transjakarta) berencana menjadikan Halte Hotel Indonesia (HI) dan Halte Lebak Bulus sebagai proyek percontohan (pilot project) halte yang ramah bagi pelanggan difabel.

Direktur Pengembangan dan Pelayanan PT Transjakarta, Lies Permana Sari, mengatakan, ada beberapa sarana dan prasarana di kedua halte itu akan segera disesuaikan agar ramah bagi difabel.

"Insklusifitas Transjakarta juga kami lakukan dengan beberapa upaya dan beberapa realisasi," ujarnya, di Halte CSW, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (20/11).

"Nantinya, di Halte Lebak Bulus dan rencananya di Halte HI, itu akan menjadi pilot project halte Transjakarta yang ramah untuk para pelanggan difabel," lanjutnya.

Menurut Lies, sejumlah penyesuaian sarana prasarana di kedua halte itu adalah penyediaan huruf braile.

Kemudian, lanjutnya, PT Transjakarta juga akan menyediakan fasilitas bahasa isyarat (sign language) di Halte Lebak Bulus dan Halte HI.

"Kami akan menyiapkan fasilitas huruf braile, kemudian juga fasilitas sign language sehingga teman-teman difabel dapat merasakan keberpihakan atau inklusifitas dari halte-halte Transjakarta," ungkap Lies.

Dia menambahkan, sebanyak 79 persen petugas Transjakarta di lapangan telah dibekali pemahaman soal melayani para pelanggan difabel.

Dengan demikian, menurut Lies, mayoritas petugas Transjakarta berkapasitas untuk mendampingi para pelanggan difabel.

Pembekalan pemahaman itu dilakukan agar Transjakarta mampu menyediakan pelayanan yang inklusif.

"Sebanyak 79 persen petugas layanan operasi kami di lapangan sudah mengerti bagaimana cara meng-handle dan mendampingi pelanggan difabel. Jadi, ini yang terus kami konsisten lakukan sebagai bentuk pelayanan dari Transjakarta," jelas Lies.

Sebagai informasi, PT Transjakarta hingga kini masih melanjutkan pengerjaan Halte HI. Anjungan dari halte ini pun sempat menuai konflik karena dinilai menghalangi visual terhadap Monumen Selamat Datang di Bundaran HI yang tergolong obyek diduga cagar budaya (ODCB). (OL-12)

Baca Juga

DOK.MI

Pelayanan Keimigrasian KBRI Beijing Pulih Pascakebakaran di Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 00:00 WIB
Berbagai peralatan komputer yang terkoneksi dengan sistem elektronik di kantor pusat di Jakarta tiba-tiba terputus saat peristiwa itu...
dok.Ist

Lestarikan Kebudayaan Sunda, DPRD dan Pemkot Bogor Bersinergi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:53 WIB
DALAM rangka merayakan Pekan HAM) Kota Bogor. Kecamatan Bogor Selatan, menggelar acara diskusi dengan tema 'Merawat Kebudayaan...
Dok Facebook H3 Jakarta

H3 Jakarta akan Lebih Berkontribusi untuk Pariwisata Indonesia

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 09 Desember 2022, 20:26 WIB
HIMPUNAN Humas Hotel (H3) Jakarta melaksanakan serah terima serah terima pengurusan dari tim pengurus 2020-2022, ke tim pengurus 2022-2024,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya