Kamis 03 November 2022, 22:48 WIB

Tidak Gunakan APBD, Program Rumah DP Rp0 Tetap Jalan

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
Tidak Gunakan APBD, Program Rumah DP Rp0 Tetap Jalan

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Warga menjemur pakaian di Rusunami Klapa Village yang merupakan hunian dengan program DP Rp0 di Pondok Kelapa, Jakarta, beberapa waktu lalu

 

KEPALA Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta Sarjoko tegaskan prinsip pembangunan unit harian DP Rp0 tidak menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Secara prinsip pembangunan unit hunian DP nol rupiah tidak menggunakan dana APBD tetapi dibiayai oleh pengembang, misalnya BUMN, BUMD atau pihak swasta," ujarnya saat dihubungi awak media, Kamis (3/11).

Baca juga: Pj Gubernur DKI Bisa Jadikan Jakarta Kota Bisnis Kelas Dunia

Ia menjelakan, adapun dana yang disediakan Pemprov DKI melalui APBD adalah dana fasilitasi pembiayaan perolehan rumah (FPPR), yang merupakan investasi nonpermanen sebagai bantuan kemudahan kepada penerima manfaat untuk mengakses hunian milik melalui skema perbankan.

Adapun untuk dana FPPR yang sudah dikelola oleh BLU Unit Pengelola Dana Perumahan (UPDP) sebesar Rp550 miliar. "Sudah tersalurkan sebanyak Rp254,8 miliar untuk 948 penerima manfaat program DP nol rupiah."

Saat ini, dana tersisa di kas UPDP Rp295,2 miliar tersebut akan digunakan untuk bantuan pembiayaan kepada penerima manfaat untuk hunian Tower Swasana Pondok Kelapa 480 unit dan Tower Kanaya Pondok Kelapa 868 unit. "Sedangkan usulan dan FPPR untuk Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp176 miliar," ujarnya.

Sebelumnya, dalam rapat pembahasan rancangan KUA-PPAS APBD 2023 dengan DPRD DKI Jakarta, Sarjoko menjelaskan pihaknya tidak lagi menganggarkan pembangunan rumah DP Rp0 dalam APBD 2023. (J-2)

Baca Juga

Dok. Pemkab Tangerang

Kendalikan Inflasi Jelang Nataru, Pemkab Tangerang Gelar Rapat TPID

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:00 WIB
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Setda Kabupaten Tangerang, Yani Sutisna mengatakan, rapat itu juga dilakukan untuk...
MI/BARRY F

Pemprov DKI Akan Gelar Pesta Tahun Baru 2023, Heru: Sudah Disiapkan Disparekraf

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:24 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru mengungkapkan pesta tahun baru ini tengah disiapkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif...
dok.Ant

Nataru, Polres Bogor Siagakan 1.200 Personel dan Skenario Lalin

👤Dede Susianti 🕔Rabu 07 Desember 2022, 15:36 WIB
Jajaran Kepolisian Resor Bogor sudah mempersiapkan sejumlah skema pengamanan dan skenario rekayasa arus lalu lintas terkait perayaan Natal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya