Kamis 03 November 2022, 22:06 WIB

Polisi Masih Lakukan Pemeriksaan Saksi dalam Kasus Gagal Ginjal Akut

Khoerun Nadif Rahmat | Megapolitan
Polisi Masih Lakukan Pemeriksaan Saksi dalam Kasus Gagal Ginjal Akut

Medcom.id
Ilustrasi

 

POLISI saat ini masih melakukan pemeriksaan kepada 15 saksi dari PT Afi Farma Pharmaceuticals Industries. Dimana perusahaan tersebut diduga memproduksi obat sirop yang mengadung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (Deg) melebihi ambang batas.

"Sedang menyelesaikan pemeriksaan Hari ini, kemarin uda 15 saksi di Kediri," kata Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri, Brigjen Pipit Rismanto pada Kamis (3/11). 

Baca juga: Pj Gubernur DKI Bisa Jadikan Jakarta Kota Bisnis Kelas Dunia

"Afi farma semua. Sementara itu dulu ya," imbuhnya. 

Pipit mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih terus melakukan pendalaman dengan melakukan penyitaan terhadap beberapa produk dari PT Afi Farma Pharmaceuticals Industries. 

"Hari ini masih running ya melakukan pendalaman-pendalaman dengan menyita beberapa sampel dari produk, bahan baku, sedang uji lab, kita akan uji lab lagi terkait bahan baku yang diduga ada pencemaran EG dan Deg,"papar Pipit.

Lebih lanjut, Pipit berharap dalam minggu ini sudah terdapat kejelasan dalam penanganan kasus cemaran obat sirop yang mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (Deg) yang mengakibatkan gagal ginjal akut. 

"Mudah-mudahan minggu ini ada kejelasan, kita kan juga membawa sampel baru juga dari bahan-bahan baku, kan ada beberapa drum yang kita cek," sebut Pipit. 

"Kan ada beberapa drum yang kita amankan sedang kita police line, ini nanti kita ambil sampelnya. Dari drum-drum itu misalnya kira-kira 10-10nya melakukan uji sampel kemudian nanti mana yang mengandung EG dan DEG, atau cemaran-cemaran lainnya," tambahnya. 

Sedangkan PT Afi Farma Pharmaceuticals Industries sendiri, dijelaskan Pipit sudah berhenti beroprasi sementara lantaran tengah dalam proses penyidikan. 

"Iya kalau sekarang sih sementara mereka tidak beroperasi ya karena kan semua dalam penanganan penyidikan ya," pungkasnya. 

Diketahui, Polisi telah menaikan status penanganan dari penyelidikan ke penyidikan kasus obat sirop yang mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (Deg) melebihi ambang batas yang diduga kuat mengakibatkan gagal ginjal akut misterius (acute kidney injury/AKI). 

Polisi sampai saat ini tengah melakukan pemeriksaan terhadap PT Afi Farma Pharmaceuticals Industries yang berada di Kediri, Jawa Timur. Perusahaan farmasi tersebut diduga kuat memproduksi obat sirop mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (Deg) yang melebihi ambang batas. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA

4 RT Wilayah Jakarta Utara Terendam Banjir Rob

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 06 Desember 2022, 12:19 WIB
Isnawa menginformasikan bahwa tidak ada masyarakat atau korban banjir yang...
Ist

Parade Santa Clause Semarakkan 'A Very Vintage Christmas' di Lippo Malls

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:45 WIB
Sambut Natal tahun ini, Lippo Malls menyiapkan beragam aktivitas seru di seluruh mal yang dikelola oleh Lippo Malls dimulai pada awal...
Antara

Kebutuhan Pangan DKI Naik 12 Persen Jelang Nataru

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:22 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajarannya meninjau Pasar Induk Kramat Jati, di Jakarta Timur pada Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya