Kamis 27 Oktober 2022, 16:10 WIB

Tangani Gagal Ginjal Akut Misterius, Pemprov DKI Siapkan RS Rujukan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Tangani Gagal Ginjal Akut Misterius, Pemprov DKI Siapkan RS Rujukan

Antara/Ist
Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

 

PEMPROV DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiapkan RS-RS yang akan menjadi rujukan untuk menangani pasien anak-anak yang mengalami gejala gagal ginjal akut.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, pihaknya masih memiliki keterbatasab dalam sumber daya manusia atau dokter spesialis ginjal anak. Hanya ada tiga dokter spesialis ginjal anak di Jakarta.

"Kami harus melakukan antisipasi. Bukan kita berharap banyak tapi sebagai bagian mitigasi, kalau sekiranya kami tidak bisa tangani, paling tidak dari sisi layanan harus siap," tuturnya dalam diskusi virtual Podcast Rabu Belajar Pemprov DKI Jakarta, Rabu (26/10).

Di awal munculnya kasus ini, Dinkes DKI hanya menyiapkan dua RS rujukan yakni RSCM dan RS Anak dan Bunda Harapan Kita.

"Saat ini kita siapkan RS daerah tipe A dan B di DKI yakni Tarakan, Pasar Minggu, Pasar Rebo, Koja untuk jadi pendampingan guna melakukan perawatan," ungkapnya.

Widyastuti juga berupaya menambah sumber daya manusia untuk bisa membantu penanganan kasus gagal ginjal akut yakni dengan mengirim para tenaga medis Dinkes DKI untuk belajar sekaligus memberikan bantuan ke RSCM.

"Kami dapat manfaat sehingga tim kami dapat ilmu. Sekiranya nanti dibutuhkan pelebaran tempat tidur layanan pasien, di tempat tidur di RS kita, tim kita sudah siap baik dari sisi SDM dan sarana. Tapi harapannya jangan sampai terpakai. Kita harap (gagal ginjal) ini bisa cepat selesai dengan partisipasi semua elemen baik masyarakat, nakes, pemerintah dan semua tokoh masyarakat, bahu-membahu selesaikan kasus ini cepat," imbuhnya. (OL-12)

Baca Juga

MI/Selamat Saragih

Giatkan Olahraga, Zulhas Birukan Tangsel Lewat Senam Sehat

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 04 Desember 2022, 07:55 WIB
PARTAI Amanat Nasional (PAN) kembali melanjutkan agenda senam sehat bagi warga Tangerang  Selatan (Tangsel), Provinsi...
dok.Ant

BMKG : DKI akan Berawan hingga Hujan sepanjang Minggu

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 07:05 WIB
BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan DKI Jakarta akan dilanda cuaca berawan hingga hujan sepanjang hari Minggu...
DOK MI

Polsek Tambora Selidiki Penemuan Mayat Bayi Di Kali Krukut

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 23:02 WIB
SESOSOK mayat bayi perempuan ditemukan mengapung di Kali Krukut, Jalan Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya