Rabu 28 September 2022, 19:15 WIB

Pengmas UI Optimalkan Potensi Pulau Untung Jawa dengan Digitalisasi

mediaindonesia.com | Megapolitan
Pengmas UI Optimalkan Potensi Pulau Untung Jawa dengan Digitalisasi

dok.ist
Pengabdian masyarakat UI membangun website dengan domain https://untungjawa.wisatabebasnarkobaui.com/

 

PENGABDIAN masyarakat (pengmas) oleh Dosen dan civitas akademika SKSG UI dilaksanakan di Kantor Lurah Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, melalui hybrid baik luring maupun daring, pada 25 September lalu.

Pengmas di Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu merupakan wilayah wisata harus membangun SDM unggul yang bebas narkoba.  Membangun SDM unggul bebas narkoba upaya dalam mewujudkan pembangunan bangsa dan negara. Pencegahan peredaran narkoba sebagai tindakan dalam menjaga dan mempersiapkan generasi muda yang dapat bersaing dan mampu menghadapi revolusi industri 4.0.

"Pengmas 2022 menggunakan website sebagai upaya sosialisasi digital serta kedepan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melalui sosialisasi Anugrah Desa Wisata Indonesia yang diterima Pulau Untung Jawa di tahun 2021 oleh Kementerian ekonomi kreatif," ujar Dr.Surya Nita, Rabu (28/9).

Pengmas UI 2022 yang melibatkan dosen SKSG, alumni dan mahasiswa KIK SKSG UI ini, membangun website dengan domain https://untungjawa.wisatabebasnarkobaui.com/ sebagai upaya sosialisasi promosi desa wisata bebas narkoba. Sekaligus membantu warga dalam mensosialisasikan desa wisata agar yang diharapkan dapat meningkatan pendapatan Kelurahan Pulau Untung Jawa melalui pariwisata.

Lurah Pulau Untung Jawa H. Supriadi Yusuf dan Rusli sebagai Ketua Podarwis Kepulauan Untung Jawa menyambut baik kegiatan pengmas UI 2022. Sebab sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat dengan menggunakan website sebagai media komunikasi bagi pihak Kelurahan dan Masyarakat untuk dapat mensosialisasikan wilayah tersebut sehat bebas narkoba dari tindakan kejahatan dan wisata yang aman bagi pendatang.

Selain itu upaya rencana tindak lanjut kedepan yang dapat dilakukan pihak Kelurahaan Pulau Untung Jawa sebagai berikut dengan:
1. Memberikan pendidikan kesadaran bela negara bahwa mencegah narkoba di suatu daerah sebagai upaya dalam membela negara terhadap masuknya peredaran narkoba dan merusak anak bangsa.

2. Membangun karakter kemanusiaan yang unggul cerdas terampil sesuai perkembangan digital, karakter Indonesia, karakter pancasila yang tetap mengembangakan kearifan lokal masyarakat P. Untung Jawa seribu pulau seribu pesona melalui website kampung wisata bebas narkoba.

3. Membentuk kampung wisata sdm unggul bebas narkoba melalui upaya kerjasama dengan pihak kepolisian (Babinkamtibmas), bnn kepulauan seribu dalam sosialisasi anti narkoba di wilayah untung jawa secara berkala serta penggunaan website dari UI yang bisa diakses masyarakat setiap waktu.

4. Pemerintah kelurahan kedepan dapat membentuk satgas anti narkoba dari unsur masyarakat adat, kepolisian melalui (Babinkamtibmas), pemerintah keluruhan, pemuda karangtaruna.
 
5. Jika ditemukan terdapat penyalahgunaan narkoba dilakukan penegakkan hukum atau penangkapan; terhadap pengguna dan pengedar di P. Untung Jawa.

6. Selain itu dapat dilakukan upaya rehabilitasi bila ditemukan penyalahgunaan narkoba dengan urine positif bekerjasama dengan bnn kepulauan seribu.

7. Melakukan pembinaan kepada mantan pengguna narkoba dan masyarakat, sehingga terjadi pemanfaatan sdm unggul yang bebas narkoba dalam meningkatan upaya pendapatan melalui kampung wisata sdm unggul bebas narkoba serta pemanfaatan dana kelurahaan melalui upaya peningkatan pengembangan ekonomi kreatif dalam kehidupan masyarakat. Penggunaan website kampung wisata bebas narkoba sebagai upaya dalam mencegah narkoba dan meningkatkan informasi wisata kelurahaan untung jawa sebagai 50 desa wisata terbaik nusantara.

8. Mewujudkan kampung wisata bebas narkoba melalui website membuka kerjasama bagi semua pihak dengan menggunakan pentahelix antara lain pemerintah termasuk Kepolisian, BNN, ekonomi kreatif, umkm, akademisi, media komunikasi, LSM, pebisnis investasi kampung wisata.

9. Untuk melengkapi upaya promosi desa wisata tersebut dapat dibuat literasi dongeng mengenai desa wisata Pulau Untung Jawa yang mampu membuat orang lain penasaran jika membaca litersasi atau dongeng tentang desa wisata tersebut dengan mengajak masyarakat kaum milenial untuk membuat cerita rakyat yang menarik dan mampu disebarluaskan melalui media digital.  

Dengan demikian, Pemerintah Kelurahan Pulau Untung Jawa, dapat menjamin bahwa daerah wisata yang mereka Kelola bebas narkoba serta dapat membangun SDM Unggul yang berkarakter kemanusiaan yang unggul cerdas terampil sesuai perkembangan digital, karakter Indonesia, karakter pancasila yang tetap mengembangakan kearifan lokal masyarakat P. Untung Jawa. (OL-13)

Baca Juga

dok.Ist

Lestarikan Kebudayaan Sunda, DPRD dan Pemkot Bogor Bersinergi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:53 WIB
DALAM rangka merayakan Pekan HAM) Kota Bogor. Kecamatan Bogor Selatan, menggelar acara diskusi dengan tema 'Merawat Kebudayaan...
Dok Facebook H3 Jakarta

H3 Jakarta akan Lebih Berkontribusi untuk Pariwisata Indonesia

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 09 Desember 2022, 20:26 WIB
HIMPUNAN Humas Hotel (H3) Jakarta melaksanakan serah terima serah terima pengurusan dari tim pengurus 2020-2022, ke tim pengurus 2022-2024,...
DOK.MI

Terungkap Alasan Keluarga Tewas di Kalideres tidak Dimakamkan hingga Mengering

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:53 WIB
Saat itu, keluarga tidak mampu melakukan pemakaman, karena kondisi keuangan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya