Rabu 21 September 2022, 11:45 WIB

Kaum Disabilitas Digandeng Ciptakan Produk dari Limbah Industri Fesyen

mediaindonesia.com | Megapolitan
Kaum Disabilitas Digandeng Ciptakan Produk dari Limbah Industri Fesyen

Ist
Lebel fesyen Elemwe dan Sudin Nakertrans dan Energi Pemkot Jakpus menyelenggarakan Workshop Sustainability Trend.

 

LABEL fesyen Elemwe bersama Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat menyelenggarakan Workshop Sustainability Trend untuk masyarakat umum termasuk para penyandang disabilitas Jakarta.

Lebih dari 200 peserta warga jakarta hadir dalam workshop yang diadakan di RPTRA Menteng dan RPTRA Cempaka Putih, Jakarta, Senin (19/9). 

"Indonesia adalah salah satu negara yang mengangkat isu kesetaraan disabilitas," kata Lily Mariasari, Desainer sekaligus Founder Elemwe dalam keterangan pers, Rabu (21/9).

"Namun, di Indonesia atau Jakarta pada umumnya masih banyak disabilitas yang memiliki potensi dan tidak mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari," jelas Lily Mariasari.

Lily tertarik mengisi acara ini, karena tujuan positif untuk memberikan kesempatan bagi warga DKI Jakarta agar memiliki ilmu dan kreatif dalam menciptakan produk yang bernilai jual, sehingga bisa membantu menggerakan perekonomian.

Baca juga: PINTU Incubator Persembahkan Kurasi Tujuh Brand Fesyen Indonesia

Lily sebagai salah satu narasumber yang bergerak di industri fesyen  mengangkat tema Sustainability Trend.

"Kami menggerakan pelaku usaha fashion yang memiliki sampah produk fashion untuk diolah oleh peserta termasuk para disabilitas. 

"Sebagai contoh, perca kain sebagai limbah produksi dari Elemwe, kami kumpulkan dan gunakan sebagai salah satu material yang digunakan dalam kegiatan ini, kami mengajarkan agar limbah tersebut jadi produk bernilai jual seperti tas belanja, pouch, dan lainnya," terang Lily.

Kegiatan ini menghadirkan juga tim dari (ESC) Edukasi Share and Charity Jakarta. Harapan dari kegiatan ini adalah tercipta nya pelaku usaha baru yang memiliki potensi dari edukasi yang kami berikan dan sekaligus paham akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dari sampah produk fashion

"Saya akan terus berupaya membantu masyarakat Jakarta dan memberdayakan penyandang disabilitas untuk bisa diakui keberadaan nya, agar skill mereka terealisasi  sehingga mampu menggerakan roda ekonomi setelah masa pandemi," tutup Lily. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Update 28 September 2022: DKI Jakarta Catat 695 Kasus Covid-19 Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 28 September 2022, 22:00 WIB
Sebanyak 695 dari 1.915 kasus covid-19 nasional ditemukan di Jakarta, Rabu...
Antara/Indrianto Eko Suwarso.

Anies Ingin Satukan Gedung SD, SMP, SMA agar Siswa Akur

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 28 September 2022, 21:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin menyatukan gedung sekolah berjenjang mulai sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP),...
DOK.MI

Seorang Warga Cilincing Terluka akibat Granat yang Ditemukannya Meledak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 21:31 WIB
Warga itu juga masih mengalami gangguan pendengaran karena terdampak langsung ledakan granat kejut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya