Selasa 16 Agustus 2022, 23:08 WIB

Polisi Rekayasa Lalin di Istana Presiden untuk HUT RI

Selamat Saragih | Megapolitan
Polisi Rekayasa Lalin di Istana Presiden untuk HUT RI

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Prajurit TNI berbaris saat mengikuti gladi kotor upacara peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (13/8).

 

DIREKTORAT Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka dan Istana Negara untuk pengamanan upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada Rabu (17/8).
 
"Patung Kuda kita akan lakukan penutupan, Harmoni penutupan, Gambir juga dilakukan penutupan sehingga lingkungan Istana betul-betul steril dari lalu lintas," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman di Jakarta, Selasa (16/8).
 
Latif mengatakan, sterilisasi jalur dilakukan pada Selasa malam mulai pukul 21.00 WIB hingga berakhirnya Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada Rabu sore (17/8).
 
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 500 Polisi Lalu Lintas (Polantas) untuk menjaga kelancaran lalu lintas di lokasi upacara maupun kawasan lain yang terdampak oleh penutupan jalan.


Baca juga: Bus Wisata Transjakarta Perpanjang Operasional Jadi 6 Hari Seminggu

 
Latif memperkirakan penutupan jalan di sekitar Istana tidak akan menimbulkan kemacetan karena 17 Agustus adalah hari libur nasional.
 
"Besok hari libur mudah-mudahan arus lalu lintas tidak terlalu padat, ini yang menguntungkan kita. Masyarakat juga akan merayakan hari kemerdekaan di tempat masing-masing," ujarnya.

Latif mengimbau pengguna jalan untuk menghindari kawasan Istana Merdeka dan Negara karena pihaknya melakukan sterilisasi jalan di sekitar kawasan itu.
 
"Kami sampaikan 17 Agustus besok, khususnya di sekitar Istana, kita akan menutup beberapa ruas jalan," katanya.

Sebelumnya, Sekretariat Presiden telah mengumumkan akan menyelenggarakan rangkaian Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dengan kondisi seperti sebelum covid-19.
 
Dengan demikian, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan diturunkan secara penuh sesuai formasi 17-8-45 pada dua sesi upacara tersebut.
 
Kemudian, Istana juga menyelenggarakan kembali kirab atau arak-arakan Sang Saka Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional  (Monas) menuju Istana Merdeka. (Ant/OL-16)

Baca Juga

Antara

Pengelola TMII Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Oktober 2022, 00:56 WIB
Sejak diresmikan pada 1975, TMII belum pernah direnovasi secara...
Antara/Aditya Pradana Putra.

Anies Hibahkan 15 Mobil Damkar Bekas kepada 14 Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 21:09 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghibahkan 15 mobil pemadam kebakaran (damkar) bekas yang masih layak kepada 14 pemerintah...
ANTARA/Galih Pradipta

Daerah Cekungan Masih Banjir, Gubernur DKI: Sumur Resapan Solusinya

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 18:15 WIB
Di lokasi tersebut program pengendalian banjir yang tepat, kata Anies, adalah sumur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya