Rabu 10 Agustus 2022, 15:21 WIB

Wagub: Tarif Ojol Naik, Tarif Bus Transjakarta Masih Paling Murah

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
Wagub: Tarif Ojol Naik, Tarif Bus Transjakarta Masih Paling Murah

MI/Bary Fathahilah
Ilustrasi - TransJakarta.

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menanggapi naiknya tarif ojek online di jakarta. Menurutnya, hal tersebut telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022. 

"Iya itu kan sudah jadi satu kebijakan, pemerintah mengatur tarif ya, kepentingan semua, semua elemen, semua sektor, terutama juga para ojek online," ujarnya di Balaikota, Rabu (10/8).

Baca juga: Bendahara Damkar Kota Depok Dijebloskan ke Rutan Cilodong

Ia mengatakan, kenaikan tarif tersebut merupakan kebijakan pemerintah dalam rangka penyempurnaan transportasi di Indonesia. 

Lebih lanjut, Ariza, sapaan akrabnya mengatakan tarif bus Transjakarta masih sangat terjangkau dibandingkan transportasi lainnya. 

"Sampai hari ini kan transportasi publik yang ada di Jakarta, seperti juga transjakarta masih dengan harga yang sangat murah dan sangat terjangkau," paparnya. 

Ariza juga menegaskan, Transjakarta menjadi salah satu transportasi publik dengan harga termurah di dunia.

"Mungkin TJ termasuk transportasi publik atau bus termurah dibanyak negara di dunia. Transportasi publik di banyak negara itu jauh lebih mahal dari Jakarta," ucapnya. 

Sebagai informasi, terbitnya KM Nomor KP 564 Tahun 2022 menggantikan KM Nomor KP 348 Tahun 2019. Aturan baru ini nantinya akan menjadi pedoman sementara bagi penetapan batas tarif atas dan tarif bawah ojek online.

Adapun pembagian ketiga zonasi dan tarifnya:

a. Zona I meliputi: Sumatera, Jawa (selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), dan Bali. Biaya jasa batas bawah sebesar Rp1.850/km, biaya jasa batas atas sebesar Rp2.300/km, dan biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp9.250 sampai Rp11.500.

b. Zona II meliputi: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Biaya jasa batas bawah sebesar Rp2.600/km, biaya jasa batas atas sebesar Rp2.700/km, dan biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp13.000 sampai Rp13.500.

c. Zona III meliputi: Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sekitarnya, Maluku dan Papua. Biaya jasa batas bawah sebesar Rp2.100/km, biaya jasa batas atas sebesar Rp2.600/km, biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp10.500 sampai Rp13.000. (OL-6)

Baca Juga

Dok. DPP NasDem

Brigitta Lasut Mengaku Ditekan Orang Suruhan Mamat Alkatiri

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 22:17 WIB
Sebelumnya, anggota DPR dari fraksi NasDem itu melaporkan komika Mamat Alkatiri, sebagai buntut roasting di salah satu talkshow berbau...
Dok.MI

Lusa, Polda Metro Periksa Rizky Billar terkait kasus KDRT

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 21:57 WIB
Selain memanggil Rizky, polisi juga akan memanggil dua saksi tambahan yakni satu orang asisten rumah tangga (ART) dan satu orang sekuriti,...
Ist

Hipmi Jaya Gencar Edukasi Sertifikasi Halal bagi UMKM

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 21:57 WIB
Hipmi Jaya dan Jakarta Timur konsisten mengedukasi usaha mikro kecil dan menengah (UKM) makanan serta minuman untuk mendapatkan sertifikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya