Selasa 24 Mei 2022, 13:45 WIB

Anies: Kepulauan Seribu Akan Dipersiapkan bagi Para Digital Nomad

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Anies: Kepulauan Seribu Akan Dipersiapkan bagi Para Digital Nomad

Dok.MI
Pengunjung bersantai di Pantai Pasir Perawan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak para pekerja digital atau digital nomad untuk bekerja dari Kepulauan Seribu. Hal tersebut diungkapkan Anies saat membuka rangkaian Jakarta Hajatan ke-495 di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5).

Anies mengatakan Jakarta dan Bodetabek menjadi rumah ekosistem startup terbesar di Indonesia dengan jumlah sekitar 471 startup atau 39,9% startup di Indonesia. Sehingga, memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekosistem digital.

Ia mengatakan akses infrastruktur digital di Jakarta sangat memadai dibandingkan wilayah lain di Indonesia dengan lebih dari 9.000 titik akses WiFi gratis untuk semua melalui program JakWifi.

“Di sisi lain, Jakarta memiliki potensi yang luar biasa di sektor pariwisata dan wilayah kepulauan yang masih dapat dikembangkan secara khusus menjadi pariwisata kelas global, dengan membawa konsep digital nomad,” kata Anies.

Baca juga: Anies Jelaskan Alasan Ganti HUT Jakarta Jadi Hajatan

Guna memfasilitasi kegiatan digital nomad, Anies mengatakan pemerintah akan menyediakan akses internet yang cepat, akses transportasi yang aman dan nyaman, memberikan kepastian akses tempat tinggal, memastikan kebutuhan dasar seperti air bersih, pangan, dan listrik tersedia, memastikan fasilitas bekerja yang memadai, dan fasilitas hiburan.

“Perangkat Daerah (PD) terkait akan menentukan lokasi piloting untuk pengembangan digital nomad di 5 (lima) wilayah kota dan 1 (satu) kabupaten Kepulauan Seribu. Lokasi tersebut nantinya akan ditingkatkan fasilitasnya sesuai dengan kebutuhan minimal untuk pengembangan digital nomad. Terakhir, akan dibuat sebuah website informasi lokasi digital nomad serta fasilitas pendukung untuk mempermudah para digital nomad dalam mendapatkan informasi,” ujarnya.(OL-4)

Baca Juga

Dok. Gerai Lengkong

Mimpi Gerai Lengkong Tangsel Majukan UMKM Beromzet Miliaran

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 17:39 WIB
Ia juga meminta para pengelola UMKM membuka diri, untuk bisa melatih dan memperbaiki...
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bertambah, Dana Boeing yang Diselewengkan Rp107,3 M

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:49 WIB
Dikatakan sebelumnya, jumlah total penyelewengan dana oleh ACT berjumlah Rp68 miliar, saat ini bertambah menjadi Rp107, 3...
MI

Manajer BCL Ditangkap Terkait Psikotropika, Keluarga Ajukan Rehabilitasi

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:38 WIB
"Benar, hari Jumat sekira pukul 14.00 WIB pihak keluarga mendatangi Polres Metro Jakarta Barat untuk mengajukan proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya