Rabu 11 Mei 2022, 09:00 WIB

Ketua DPRD DKI Minta Pengelolaan 13 Sungai Diserahkan ke Pemprov DKI

Hilda Julaika | Megapolitan
Ketua DPRD DKI Minta Pengelolaan 13 Sungai Diserahkan ke Pemprov DKI

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Pekerja dengan menggunakan alat berat tengah membangun turap Anak Kali Ciliwung di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022).

 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi meminta pengelolaan 13 sungai di Jakarta diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Selama ini pengelolaan 13 sungai di Jakarta menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Menurut Pras, sapaan akrabnya, penyerahan pengelolaan 13 sungai kepada Pemprov DKI Jakarta akan meringankan pemerintah pusat agar bisa lebih berkonsentrasi dalam proses pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Selain itu, dirinya juga optimistis hal tersebut bisa menuntaskan masalah banjir di Jakarta.

"Saya minta Kemen PUPR serahkan saja ke kita. Ini akan membantu Pemerintah Pusat konsentrasi ke IKN," ujar Pras.

Diakui Pras, permintaan itu sudah dilontarkannya sejak Rakornas bersama Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, tahun 2019 lalu. Namun hingga kini belum ada jawaban atas permintaan tersebut.

Ditambahkan Pras, selama ini persoalan paling pelik yang dihadapi DKI Jakarta adalah mengatasi kemacetan dan banjir. Menurutnya, jika pengelolaan 13 sungai tersebut diserahkan ke DKI Jakarta, sumber daya yang dimiliki pemerintah provinsi cukup memadai untuk melakukan pembenahan sehingga mampi mengatasi persoalan banjir.

Terlebih, selama ini bila terjadi persoalan kemacetan atau banjir di Jakarta sering memicu perdebatan pihak yang harus bertanggung jawab antara Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

“Biar tidak salah menyalahkan, ambil DKI. Alat kita banyak, mampu kok," tandasnya. (OL-12)

Baca Juga

Ist

IKA Undip DKI Jakarta Siap Bermitra dengan Pemprov Realisasikan Program

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 14:42 WIB
IKA Undip) Provinsi DKI Jakarta mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) guna pemantapan program-program kerja dalam lebih memaksimalkan...
Ilustrasi

Polisi Kantongi Ciri-ciri Pelaku Begal di Kemayoran

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 29 Mei 2022, 12:44 WIB
"Dari tangkapan CCTV ciri-ciri pelaku sudah kita deteksi dan saat ini masih kita kembangkan karena memang jarak tangkapan cukup jauh,...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakpro Pamerkan Mobil Balap Formula E di Bundaran HI

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 29 Mei 2022, 12:23 WIB
Pameran tersebut dibuat karena hanya sedikit masyarakat yang bisa melihat langsung balapan Formula E. Terlebih tiket untuk berbagai kelas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya