Rabu 27 April 2022, 20:59 WIB

Reservasi Tiket Wisata Secara Daring Bisa Bantu Atur Jumlah Pengunjung

mediaindonesia.com | Megapolitan
Reservasi Tiket Wisata Secara Daring Bisa Bantu Atur Jumlah Pengunjung

MI/Andri Widiyanto
Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan

 

DEPUTI Bidang Produk Digital dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Neil El Himam mengatakan penyediaan layanan reservasi tiket tempat wisata secara daring bisa membantu pengelola mengatur jumlah pengunjung di masa libur lebaran.

"Yang penting bagaimana caranya 'memecah' jangan berkumpul di satu tempat," kata Neil, Rabu (27/4).

Taman Margasatwa Ragunan adalah salah satu contoh tempat wisata yang mewajibkan pengunjung untuk mendaftar secara daring sehari sebelum berkunjung. Penerapan aturan tersebut bisa membantu agar pengunjung tidak berjubel di satu tempat wisata.

Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan libur lebaran yang panjang dengan memilih waktu berkunjung di mana tempat wisata sudah lebih lengang. Tempat wisata diprediksi akan penuh di awal libur lebaran, jadi masyarakat bisa memilih untuk berkunjung pada penghujung cuti bersama.

Baca juga: Mudik 2022, DPR Minta Tempat Wisata Ikut Wajibkan Booster

Di sisi lain, masyarakat di Jakarta yang tidak mudik juga bisa mencari alternatif dengan menjelajahi "hidden gem" di ibu kota selain destinasi wisata yang sudah lama dikenal seperti Ancol, Ragunan dan Kota Tua.

Masyarakat bisa melepas penat dengan menghirup udara segar di hutan kota yang ada di Srengseng. Masyarakat juga bisa melihat lebih dekat kebudayaan Betawi yang memikat di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Pada akhir pekan libur lebaran, Setu Babakan akan menggelar Pagelaran Reguler yang menampilkan kesenian Topeng, ondel-ondel serta Musik Hadroh.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan sekitar 300 personel untuk mengawasi sejumlah tempat wisata di Ibu Kota guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat libur Lebaran. Rata-rata ada 300 personel yang diplot di seluruh kawasan wisata.

Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta yang diperkirakan akan padat pengunjung saat libur Lebaran di antaranya Taman Margasatwa Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dinas Perhubungan akan membantu Polisi Lalu Lintas untuk membantu pengaturan lalu lintas di tempat wisata tersebut terutama di jalur-jalur utama menuju tempat wisata.(Ant/OL-5)

Baca Juga

Antara

Enam Saksi Diperiksa Terkait Jebolnya Tandon Air LRT

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:19 WIB
Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial menampilkan jebolnya tandon LRT pada Selasa, 28 Juni...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Tersangka Pencabulan Santriwati di Depok Belum Ditahan

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:59 WIB
Penyidik baru saja menaikan status kasus tersebut dari tahap penyelidikan ke penyidikan dan menetapkan empat orang sebagai...
DOK Pribadi.

Pengusaha Pertanyakan Kewenangan DLH Larang Bongkar-Muat Pelabuhan Marunda 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 18:04 WIB
Sejatinya terdapat beberapa terminal yang memiliki stockpile batu bara, salah satunya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya