Senin 21 Maret 2022, 14:06 WIB

Haris Siap Ditahan karena Kasus Pencemaran Nama Baik Luhut

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Haris Siap Ditahan karena Kasus Pencemaran Nama Baik Luhut

Antara/Indrianto Eko Suwarso.
Haris Azhar.

 

DIREKTUR Lokataru Haris Azhar siap menjalani proses hukum terkait kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Haris menyatakan dirinya siap ditahan.

"Walaupun saya sampai ditahan hari ini atau kapan pun ditahan, itu enggak ada masalah," ujar Haris di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (21/3). Meski siap menjalani proses hukumnya, Haris mengatakan ada upaya politis di balik penetapannya sebagai tersangka. 

Ia mengatakan penetapannya sebagai tersangka merupakan upaya pembungkaman. "Ini politis. Ini upaya untuk membungkam, baik membungkam saya, membungkam masyarakat sipil, dan sekaligus ini menunjukkan bahwa ada diskriminasi penegakan hukum," kata Haris.

Haris juga mempertanyakan prosedur hukum yang menjerat dirinya sebagai tersangka. Ia mengaku sudah banyak membuat laporan tetapi di tidak pernah diproses oleh kepolisian, termasuk Polda Metro Jaya. Sebaliknya, laporan yang dilayangkan Luhut menjadi prioritas kepolisian.

"Karena orang-orang yang dibungkam ini sudah punya banyak laporan ke polisi tetapi tidak pernah ditanggapi termasuk Polda Metro. Ketika bicara prioritas laporan Luhut Binsar Pandjaitan, tunjukkan kepada saya dalam KUHAP pasal mana yang memberikan makna prioritas dan perlu didahulukan," ujar Haris.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan telah melaporkan Haris Azhar dan Fathia terkait pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya. Luhut dan tim pengacara melaporkan Haris dan Fathia karena percakapan keduanya di kanal YouTube.

Baca juga: Direktur Kutama Mining Indonesia Ditangkap Mabes Polri

Dalam kanal Youtube tersebut dijelaskan bahwa keduanya menyebut nama Luhut terkait dengan bisnis tambang di Intan Jaya, Papua. Luhut pun melayangkan beberapa kali somasi kepada Haris dan Fatia sebelum melaporkan ke Polda Metro Jaya. Polisi kemudian menetapkan Haris dan Fathia sebagai tersangka. (OL-14)

Baca Juga

Antara

55,9% Kasus Harian Covid-19 Berasal dari DKI

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:54 WIB
Kasus covid-19 di Indonesia bertambah 2.248 pada Kamis...
ANTARA FOTO/Chairul R

Ada Layangan dari Mancanegara Lho di Museum Layang-Layang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:26 WIB
Layang-layang yang berasal dari berbagai belahan dunia ini didapat karena pemberian atau cindera mata ketika pengelola Museum Layang-layang...
MEDCOM

Lima Mobil Terlibat Tabrakan Beruntun di Tol Japek

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:20 WIB
Kecelakaan beruntun itu terjadi saat bus PO Bina Sejahtera Guvilli yang dikemudikan Asep Kurnia melintas di lajur tiga, dari arah Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya