Kamis 10 Maret 2022, 21:22 WIB

Hasil Sidak di Ruang Tahanan LP Salemba, Ratusan Ponsel SItaan Dimusnahkan 

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Hasil Sidak di Ruang Tahanan LP Salemba, Ratusan Ponsel SItaan Dimusnahkan 

Dok. Kakanwil kemenkumham DKI Jakrta
Sidak tahanan di LP Salemba Jakarta

 

RATUSAN petugas sipir Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Salemba, Jakarta Pusat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ruang hunian tahanan. Sidak tersebut dipimpin Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Ibnu Chuldun. 

Sidak dilakukan untuk mengecek standardisasi seluruh blok hunian warga binaan di LP Salemba Kelas II A. Ibnu mengatakan pengecekan tersebut dilakukan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satopspatnal). 

"Yang melakukan peninjauan ke dalam kamar hunian yaitu satuan Operasional kepatuhan internal pemasyarakatan (Satopspatnal) dari sejumlah LP dan rutan yang ada di DKI Jakarta dibawah Kemenkumham," kata Ibnu di Jakarta, Kamis (10/3). 

Ibnu mengatakan pihaknya melibatkan 120 sipir dalam pengecekan tersebut. Petugas mengecek kelayakan kondisi ruang tahanan warga binaan, tempat mandi dan makan warga binaan. 

"Kita cek satu persatu ruangan di dalam, tempat tidur, ruangan, air bersih, penerangan dan makan warga binaan di sini sangat baik dan bersih," ucapnya. 

Baca juga : Pesepeda Rawan DIjambret, Diimbau Simpan Ponsel Jangan Dikantong Belakang Jersey 

Ibnu meminta kepada semua petugas sipir, mulai dari pimpinan hingga bawahan bekerja dengan baik. Ia meminta jangan sampai terjadi tindak kekerasan yang dapat menurunkan harkat manusia khususnya warga binaan. 

"Saya minta jangan ada tindak kekerasan di semua lapas dan rutan yang ada di DKI Jakarta," ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, 800 ponsel yang disita dari warga binaan juga dimusnahkan oleh petugas pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. 

Ibnu mengatakan pemusnahan barang bukti tersebut merupakan hasil sitaan selama razia petugas Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) Pemasyarakatan wilayah DKI Jakarta sejak beberapa bulan lalu. 

"Kita laksanakan pemusnahan berupa handphone dan alat lainnya dengan cara dibakar," kata Ibnu. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

Tujuh Suporter Persita Jadi Tersangka Penyerangan Bus Tim Persis Solo

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 30 Januari 2023, 21:28 WIB
POLRES Tangsel, Banten menetapkan tujuh suporter Persita Tangerang.menjadi tersangka kasus perusakan bus tim Persis Solo usai bertanding di...
MI/Kisar Rajagukguk

Disdik: SDN Pondok Cina 1 Depok Dibangun Tahun Ini oleh Kementrian PUPR

👤Kisar Rajagukguk 🕔Senin 30 Januari 2023, 16:52 WIB
PEMBANGUNAN gedung baru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Cina 1 yang berada di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Jawa Barat, dibangun tahun...
MI/HO

Elemen Tokoh Masyarakat Tangsel dan Tangerang Konsolidasi Perkuat Bakortara

👤 Syarief Oebaidillah 🕔Senin 30 Januari 2023, 16:06 WIB
Ia menilai, peluang dan harapan terbuka lebar bagi sebuah perjuangan terbentuknya pemekaran Provinsi Tangerang Raya yang diinisiasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya