Senin 14 Februari 2022, 19:10 WIB

Tukang AC Minta AG Bayar Tanah dan Bangunan Jika Beritikad Baik

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Tukang AC Minta AG Bayar Tanah dan Bangunan Jika Beritikad Baik

MI/Rahmatul Fajri
Ng Je Ngay dan kuasa hukumnya Aldo Joe (baju hitam)

 

ANTON Gunawan membantah terlibat mafia tanah dalam kasus penguasaan tanah dan bangunan milik kakek tukang AC, Ng Je Ngay, 70. Anton Gunawan (AG) menyebut proses penjualan telah berjalan sesuai prosedur hukum yang sah.

Namun, kuasa hukum Ng Je Ngay, Aldo Joe meminta AG untuk melakukan pembayaran kepada kliennya jika memang memiliki itikad baik. Sebab, kliennya mengaku belum menerima pembayaran sepeserpun.

"Pihak AG yang mana dulu sempat sebagai terlapor sebenarnya sudah membuat surat pernyataan di kepolisian yang mana menyatakan mengakui kesalahannya, meminta maaf, dan bersedia membayar harga jual beli tersebut kepada pak Ng Je Ngay sebagai pemilik sah, namun dikarenakan penahanannya ditangguhkan, mengakibatkan Anton Gunawan membatalkan pembayaran tersebut," kata Aldo kepada wartawan, Senin (14/2).

"Apabila memang Anton Gunawan beritikad baik ingin memperoleh atas hak dan bangunan kan sudah jelas pak Anton mengetahui membeli dari pihak tidak berwenang, sekarang pak Anton tinggal membayar harga jualnya, jangan berpikir untuk memperoleh secara cuma-cuma, dikarenakan lawannya hanya sebatas tukang AC," tambahnya.

Aldo menuturkan kliennya tidak meminta bayaran lebih untuk tanah dan bangunannya. Bahkan, kliennya masih menerima pembayaran di bawah NJOP.

"Hingga detik ini pun tidak ada proses perdamaian seperti itu, restorative justice itu tidak ada. Pada prinsipnya pak Ng Je Ngay siap melepaskan hak atas tanah tersebut apabila memperoleh dengan cara yang sah melakukan jual beli, membayar harganya bahkan dibawah NJOP tidak masalah, y NJOP mencapai Rp2 M, bayarlah Rp1,5 M kami terima," pungkasnya.

Baca Juga: Hari Ini, PN Jakbar Putuskan Kasus Mafia Tanah yang Gugat Tukang AC

Pihak Ng Je Ngay meminta kepada Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo maupun pihak Pengadilan Tinggi agar memberikan perhatian khusus dalam kasus ini, serta memberikan keadilan untuk kliennya.

Sebelumnya, tanggal 21 Maret 2018, Ng Je Ngay melaporkan AG ke Polres Jakarta Barat dengan dugaan tindak pidana menggunakan akta autentik palsu dan atau pertolongan jahat atau tadah. Dalam hal ini, pelapor mengaku sebagai pemilik sah atas ruko yang dibeli oleh Anton Gunawan, yang tertuang dalam Laporan Polisi Nomor: LP/436/1II/2018/Res Jakbar, namun kasus tersebut dihentikan setelah adanya penahanan terhadap AG.

Anton Gunawan melalui kuasa hukumnya Supriyadi Adi, membantah terlibat mafia tanah. Menurutnya, kasus ini berawal pada Februari 2014 saat Budi Jusup Pangat dan Barkah menawarkan ruko di Jl. Kemenangan III No.68, Glodok, Tambora, Jakarta Barat kepada kliennya. Dalam hal ini Ng Je Ngay merupakan penjual dan membawa Sertifikat asli, IMB asli, dan PBB asli ke kantor Anton Gunawan.

Setelah dilakukan pertemuan dengan pihak Ng Jen Ngay dalam rangka negosiasi dan pemeriksaan kondisi fisik ruko tersebut, serta pemeriksaan dokumen kepemilikan oleh notaris, Ng Je Ngay wajib untuk melakukan pengikatan jual beli yang dalam PPJB Lunas berikut Kuasa Untuk Menjual tertanggal 14 Maret 2014 yang dibuat di hadapan notaris.

"Anton Gunawan sebagai pihak pembeli telah membayar lunas pengikatan atasan jual beli tersebut," kata Supriyadi, melalui keterangan tertulis, Rabu (9/2).

Setelah tiga bulan berlalu, Anton tidak mendapatkan kabar dari Ng Je Ngay untuk rencana pembelian balik bangunan tersebut. Budi Jusup Pangat lalu mendatangi ruko untuk menanyakan pengosongan, tetapi ia bertemu Lianawati Santoso yang mengaku sebagai penghuni ruko. Budi menjelaskan kepada Lianawati bahwa Anton Gunawan telah membeli ruko berdasarkan PPJB yang telah dibuat dengan Ng Je Ngay.

Menurut Supriyadi, AJB tertanggal 4 November 2014 tersebut ditindaklanjuti dengan balik nama terhadap Sertipikat Hak Milik Nomor 40/Glodok yang merupakan hak atas ruko tersebut, sehingga sertifikat tersebut kini telah atas nama Anton Gunawan. (OL-13)

Baca Juga: Anton Gunawan Bantah Tudingan Sebagai Mafia Tanah

Baca Juga

DOK.MI

Polda Metro Tangkap Pelaku Tutup Jalan Asia Afrika untuk Balap Liar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:45 WIB
Sebelumnya, rekaman video aksi balap liar di Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, tersebar melalui media sosial beberapa waktu...
Antara

Pemprov DKI Pusatkan Salat Iduladha di Jakarta International Stadium

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:40 WIB
PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memusatkan ibadah salat Iduladha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta...
Ist

Pameran Mommy N Me di JCC, Senayan, Telah Resmi Dibuka

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 21:42 WIB
pada Jumat (1/7), pameran Mommy N Me resmi dibuka. Mommy N Me siap menjadi tempat seru untuk menghabiskan akhir pekan sekaligus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya