Selasa 21 Desember 2021, 12:42 WIB

Bahar Smith Juga Dilaporkan Terkait Hoaks Insiden KM 50

Hilda Julaika | Megapolitan
Bahar Smith Juga Dilaporkan Terkait Hoaks Insiden KM 50

ANTARA/Novrian Arbi
Bahar Smith

 

HUSIN Shihab melaporkan juga Bahar bin Smith atas pernyataannya berkaitan insiden Km 50 yang menewaskan enam anggota laskar FPI. Laporan tersebut merupakan laporan kedua, setelah sebelumnya Bahar juga dilaporkan terkait ujaran kebencian terhadap Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Laporan kedua itu terkait pernyataan soal insiden Km 50 itu yang menjadi dasar laporan kepada Bahar tertanggal 17 Desember lalu.

"Laporan kedua mengenai SARA dan penyebaran berita bohong karena Bahar bilang 'masa seorang habib, ulama bikin maulid penjara. Padahal habib-habib yang lain gak dipenjara, habib-habib yang lain bikin maulid kan tapi gak dipenjara. Cuman Habib Rizieq doang. Gak ada sejarahnya mulai dari nabi Adam'. Itu kan berita bohong," kata Husin kepada wartawan.

Baca juga: Ini Alasan Husin Shihab Laporkan Bahar Bin Smith dan Eggi Sudjana

"Terus kemudian bilang sampai 16 laskar FPI dibantai dicopot kukunya. Dibakar kemaluan begitu begitu. Itu kan bohong dan itu memicu konflik umat islam. Itu SARA-nya," imbuhnya.

Husin mengatakan laporan tertanggal 17 Desember itu dilaporkan oleh seorang pelajar bernama Tubagus. Pelapor tersebut menilai pernyataan Bahar Smith itu bisa memprovokasi dan membahayakan kerukunan masyarakat.

"Iya harus dilaporin karena informasi menyesatkan kalau gak dilaporkan masyarakat bisa terpancing emosinya, apalagi bawa-bawa agama. Sementara mayoritas agama di Indonesia muslim. Ada dua kubu, kubu Habib Bahar dan anti-Habib Bahar," jelasnya.

Sebelumnya, Bahar bin Smith juga dilaporkan terkait terkait dugaan ujaran kebencian berbentuk SARA hingga penghinaan terhadap penguasa.

Pelaporan berkenaan dengan pernyataan Bahar dan Eggi Sudjana yang mengomentari ucapan KSAD Jenderal Dudung Abdurrachman. 

Keduanya bicara dalam video yang diunggah di akun Youtube berjudul 'SEMAKIN P4NAS...EGGI SUDJANA: JENDRAL DUDUNG HARUS DI PID4NA & HABIB BAHAR TUNTASKAN KEB0D0HAN INI'. (OL-1)

Baca Juga

Dok MI

Polisi Tangkap 6 Begal yang Kerap Beraksi di Jakbar

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 19:35 WIB
Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Joko Dwi Harsono menjelaskan Para pelaku sudah berulang kali melancarkan aksinya dengan...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kapolri Perintahkan Berantas Perjudian dan Bekingnya

👤Siti Yona Hukmana 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 18:37 WIB
Sasaran dalam penindakan disebut tidak hanya para pemain dan bandar. Kapolri menekankan kepada anggota juga menindak pihak-pihak yang...
Antara

Pembangunan Rusunawa di Jakarta Telan Anggaran Rp2,4 Triliun

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 17:00 WIB
Pemprov DKI menetapkan biaya sewa satu bulan di rusunawa sebesar Rp765 ribu. Namun, untuk warga terprogram, seperti terdampak penataan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya