Senin 06 Desember 2021, 13:58 WIB

Ada 248 Kecelakaan Transjakarta sejak Awal Tahun

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ada 248 Kecelakaan Transjakarta sejak Awal Tahun

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Bus TransJakarta yang menabrak separator di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta

 

PT Transjakarta mencatat jumlah kecelakaan yang cukup tinggi sejak September 2021 hingga kemarin. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan, ada 248 kecelakaan sejak September 2021.

Hal ini diungkapkan Syafrin saat memenuhi pemanggil oleh Komisi B DPRD DKI Jakarta hari ini untuk meminta klarifikasi usai rentetan peristiwa kecelakaan bus Transjakarta.

Syafrin melanjutkan, pihaknya bersama Transjakarta tidak tinggal diam melihat hal tersebut. Berbagai pendekatan dan pembinaan terhadap operator dan pengemudi sudah dilakukan.

"Selain itu, ada pula kegiatan inspeksi terhadap kesiapan kendaraan sebelum beroperasi melayani penumpang," ungkapnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/12).

Baca juga: Pemprov DKI Kirim Bantuan Logistik dan Petugas ke Korban Dampak Erupsi Gunung Semeru

"Tentu untuk upaya yang telah dilakukan jangka mendesak sub periode September ini, kami dengan Transjajarta telah berupaya untuk melakukan pemeriksaan awal terhadap seluruh awak kendaraan sebelum mengoperasikan kendaraan," lanjutnya.

Di sisi lain, ia mengatakan salah satu penyebab kecelakaan fatal di Cawang pada 25 Oktober lalu yang menewaskan seorang penumpang dan seorang pengemudi disebabkan pengemudi tersebut mengalami sakit secara tiba-tiba sehingga lepas kendali dalam mengemudikan bus.

Syafrin menyebutkan adanya kelalaian dari operator yang tidak mengetahui catatan kesehatan pengemudi tersebut dan sudah dievaluasi serta mendapatkan sanksi.

"Kemudian kami rutin melakukan pemeriksaan angkutan umum yang akan beroperasi atau kita mengenal ramcheck, juga melihat dokumen administrasi yang bersangkutan," kata Syafrin. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fauzan

Empat Terdakwa Kebakaran Lapas Klas I Tangerang Tidak Ajukan Eksepsi

👤Reporter: Pahrul Roji/ Penulis: NARENDRA WISNU KARISMA 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:30 WIB
Ketika ditanya oleh Hakim Ketua, Aji Suryo, terkait dakwaan JPU, keempat terdakwa yang merupakan petugas Lapas Kelas I Tangerang inipun...
MI/Andri Widiyanto

Kasus Omikron di Jakarta Terus Bertambah, Capai 1.697 Kasus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:24 WIB
"Perlu digarisbawahi bahwa 10.299 orang dari jumlah kasus aktif (84,4%) merupakan transmisi lokal, sedangkan sisanya adalah pelaku...
MI/VICKY GUSTIAWAN

Jika Gagal Nyapres, Anies Bisa Maju Lagi di Pilkada Jakarta 2024

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:10 WIB
Calon gubernur DKI, Anies masih memungkinkan karena Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pilkada dilaksanakan pada bulan yang berbeda, meski...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya