Sabtu 13 November 2021, 08:21 WIB

Ada 23 RT dari 30.470 RT di DKI Jakarta Tergenang Banjir Semalam

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ada 23 RT dari 30.470 RT di DKI Jakarta Tergenang Banjir Semalam

dok.Ant
Seorang warga berenang ketika banjir merendam di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/11/2021).

 

BEBERAPA titik genangan air di wilayah DKI Jakarta yang disebabkan curah hujan tinggi pada Jumat sore (12/11) sudah mulai surut setelah petugas langsung bergerak menanggulangi genangan tersebut.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Yusmada Faizal, menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas SDA terus memantau tinggi muka air untuk mewaspadai tingginya curah hujan di hulu sungai dan memantau ketinggian serta mengantisipasi luapan sungai. Menurutnya, status pintu air bervariasi, yaitu normal, waspada/siaga 3, siaga/siaga 2, dan awas/siaga 1 yakni Pintu Air Sunter Hulu pada pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan monitoring Dinas SDA DKI Jakarta pada pukul 21.00 WIB, hujan pada Jumat sore (12/11), tidak ada pintu air berstatus awas/siaga 1. Hanya beberapa, seperti PA Yo Sudarso 1 berstatus siaga 2, PA Flusing Ancol siaga 2, PA Karet siaga 3, dan PA Gadung siaga 3, sedangkan pintu air lainnya berstatus normal.

"Kami terus memonitoring tingggi muka air di pintu air. Pemprov DKI Jakarta juga langsung bergerak cepat dengan menerjunkan petugas ke titik-titik genangan, sehingga cepat surut. Kami terus siaga ketika curah hujan tinggi untuk meminimalisir dampak banjir di DKI Jakarta," ujarnya, Jumat (12/11).

Jenuri, Lurah Setu Jakarta Timur, menyampaikan bahwa untuk sementara hingga pukul 19.00 WIB, tidak ada genangan di Kelurahan Setu. "Titik rawan lainnya di Taman Kembang Sepatu, Taman Bambu, Jl. Rukun, Perumahan Setu Indah masih nihil. Untuk Perumahan Setu Indah, Gang Rukun dan Taman Kembang Sepatu bersumber dari luapan Kali Cilangkap," ujarnya.

Yulian Fathiniah, Lurah Cipayung, Jakarta Timur, menuturkan bahwa di kelurahannya ada beberapa titik tergenang, tetapi hingga pukul 19.00 WIB sudah surut.

Sementara itu, Camat Mampang Prapatan, Djaharuddin menginformasikan, genangan air di beberapa titik di Kecamatan Mampang Prapatan sudah surut seluruhnya. Beberapa jam sebelumnya, ujar Djaharuddin, genangan air di kawasan tersebut terpantau mencapai sekitar 1 meter di sejumlah wilayah, di antaranya Kemang Raya, Kemang Utara Raya, Jalan Bank, dan Kemang RT 12/RW 3.

"Sebagai antisipasi, kami sudah ingatkan warga untuk bisa ke musala dan masjid di wilayah yang lebih tinggi. Tim kecamatan juga sudah siap dengan perahu karet," ujarnya.

Berdasarkan pantauan BPBD DKI Jakarta, informasi genangan dan banjir saat ini, ada 23 RT atau 0,04% dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta. Kondisi tengah ditangani oleh pihak Kelurahan setempat bersama PPSU, Tim TRC BPBD DKI Jakarta, Dinas SDA DKI Jakarta, Satpol PP DKI Jakarta, Tagana, dan Disgulkarmat DKI Jakarta yang ditargetkan akan surut dalam waktu cepat. (OL-13)

Baca Juga:

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sakti Karuru

Penerapan Prokes di Sekolah yang Terapkan PTM 100 Persen Menurun

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:01 WIB
"Kami melihat, makin turun disiplin prokes di sekolah-sekolah. Kami yakin betul itu terjadi di seluruh sekolah-sekolah di Kota...
dok.ant

Pandemi Mereda Pedagang Bendera di Jakarta Bisa Tersenyum

👤Irfan Julyusman 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 08:50 WIB
MENJELANG 17 Agustus mulai tampak banyak penjual bendera yang menjajakan dagangan mereka, dari yang keliling hingga yang mangkal menunggu...
MI/Seno

Intoleransi di SMAN 58 Jakarta, Effendi: Sudah tidak Ada Persoalan  

👤Irfan Julyusman 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 08:31 WIB
Pihak sekolah saat itu sudah melakukan tindakan penyelesaian kasus tersebut, Effendi mengatakan proses penyelesaian hingga ke Dinas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya