Minggu 31 Oktober 2021, 17:15 WIB

Upaya Anies Baswedan Cegah Banjir Jakarta Musim Hujan Ini

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Upaya Anies Baswedan Cegah Banjir Jakarta Musim Hujan Ini

Antara/Rivan Awal Lingga.
Warga mendorong sepeda motornya melintasi banjir di kawasan Joglo, Jakarta Barat, Senin (25/10).

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan upaya penanganan banjir di Ibu Kota. Pihaknya mengerahkan berbagai upaya untuk mencegah banjir di DKI Jakarta seiring musim hujan yang tengah berlangsung hingga beberapa bulan ke depan.

Ia mengatakan simulasi penanganan banjir yang dirancang sebelumnya dapat diimpelementasikan oleh personel dengan baik di lapangan. Alhasil, kata ia, penanganan banjir dapat dilakukan dengan baik dan mencegah banjir.

"Ketika Februari kemarin terjadi hujan melampaui kapasitas daya tampung kita, lalu otomatis genangan dan banjir tetapi target untuk bisa mengeringkan bisa tercapai. Kenapa? Karena semua sumber daya dikerahkan," kata Anies di Jakarta, Minggu (31/10).

Ia mengatakan personel yang dikerahkan juga telah bekerja sesuai tugas masing-masing. Antisipasi banjir, imbuhnya, dapat dilakukan dengan maksimal dan mencegah genangan.

"Ketika kawasan tergenang, biasanya bisa sampai 3-4 hari. Si hari itu semua damkar dikerahkan. Kemudian pompa mobile dikerahkan, tangki penyiraman air dikerahkan untuk menarik air, dan surutnya bukan semata-mata gravitasi, tetapi ditarik oleh pompa. Itu semua memerlukan manajemen, semua memerlukan skenario, itu semua memerlukan simulasi, dan itu yang kami kerjakan," kata Anies.

Baca juga: Lembaga Kebencanaan PWNU Diharapkan Sigap Tangani Bencana di DKI

Lebih lanjut, Anies mengatakan pihaknya akan memastikan upaya pencegahan banjir dapat berjalan maksimal. Ia berharap Ibu Kota bisa terbebas dalam bencana banjir pada musim hujan kali ini. "Jumlah hujan itu di luar kendali kita. Namun bila curah hujan melampaui ambang batas, kami punya target untuk menyelesaikan secepatnya," katanya. (OL-14)

Baca Juga

dok.ist

Kowarteg, PKL, dan Pedagang Pasar Kramat Jati Dukung Ganjar di 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 22:05 WIB
KOMUNITAS Warteg (Kowarteg) Indonesia bersama pedagang kaki lima dan pedagang pasar di kawasan Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur menyatakan...
dok.humas PPP DKI

Di Mukercab DKI, Mardiono Targetkan Elektabilitas PPP Naik Lagi

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 20:47 WIB
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono mentargetkan elektabilitas partainya terus naik jelang Pemilihan Umum...
Antara

Jakarta Episentrum Penyebaran Covid-19. 580 Kasus Baru Ditemukan

👤MGN 🕔Minggu 25 September 2022, 20:40 WIB
Kasus covid-19 di Indonesia bertambah 1.411 hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya