Kamis 14 Oktober 2021, 12:49 WIB

Kabel Listrik Meledak, Pekerja Galian Kabel Optik Alami Luka Bakar

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Kabel Listrik Meledak, Pekerja Galian Kabel Optik Alami Luka Bakar

MI/Bary Fathahilah.
Ilustrasi.

 

DUA pekerja galian kabel optik berinisial O dan R mengalami luka bakar setelah kabel listrik milik PLN di tempat mereka menggali meledak. Kejadian nahas tersebut terjadi di Jalan Pelumpang Semper, Koja, Jakarta Utara, pada Rabu (13/10) siang.

"Saat penggalian untuk tiang optik, tiba-tiba terjadi ledakan begitu penggalian menyentuh kedalaman 10 sentimeter," ujar Kapolsek Koja Komisaris Abdul Rasyid saat dihubungi, Kamis (14/10). Rasyid mengatakan saat kejadian ada lima pekerja yang tenggah menggali tanah. 

Namun, O dan R mengalami luka cukup parah, karena tepat berada di lokasi ledakan. Para pekerja tersebut dilarikan ke Rumah Sakit Kebon Bawang untuk menjalani perawatan lebih lanjut. "Ada dua yang terbakar, sebagian besar di wajah," katanya.

Lebih lanjut, Abdul mengatakan pihaknya belum menemukan unsur kelalaian dalam peristiwa tersebut. Ia mengatakan para pekerja mengaku telah melaksanakan pekerjaan sesuai SOP dan tidak tahu ada kabel listrik di lokasi penggalian.

"Jadi bukan kelalaian. Dia tidak tahu bahwa di bawahnya itu ada kabel listrik," kata Abdul.

Rasyid mengatakan pihaknya menduga ada kesalahan dalam pemasangan kabel bawah tanah PLN. Ia mengatakan posisi kabel tersebut terbilang cukup dangkal, hanya kedalaman 10 sentimeter. 

Baca juga: Anies Canangkan Pembangunan Kampung Susun Kunir

Ia mengatakan posisi kabel listrik seharusnya berada di kedalaman 30-40 sentimeter. Rasyid mengatakan pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi terkait kejadian tersebut, yakni pekerja dan pihak vendor untuk mengetahui SOP pengerjaan galian tersebut. (OL-14)

Baca Juga

Polres Depok Lamban Selesaikan Kasus Penyekapan Pengusaha

👤Ykb/KG 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 06:30 WIB
Seharusnya perkara itu sudah masuk ke tahap penuntutan. Namun, karena masih di tangan polisi sehingga perkara jalan terkesan jalan di...
ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Polda Metro Jaya Pulangkan 98 Karyawan Pinjol Ilegal di PIK

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 28 Januari 2022, 20:48 WIB
Tersangka V masih menjalani pemeriksaan untuk menelusuri siapa yang menjadi pimpinan perusahaan pinjol ilegal tersebut dan siapa investor...
Antara/Aprilio Akbar

Wagub DKI Sebut Bangun Sirkuit Formula E Bisa Dilakukan dengan Cepat 

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 28 Januari 2022, 19:02 WIB
"Mohon maaf, bukan bermaksud untuk menggampangkan, membangun sirkuit Formula E itu bisa cepat dikerjakan, beda kalau kita bangun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya