Kamis 23 September 2021, 17:45 WIB

Pemkot Bekasi Segel Tower BTS tak Berizin

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Pemkot Bekasi Segel Tower BTS tak Berizin

Antara
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Tata Ruang (Distaru) lakukan penyegelan bangunan tower telekomunikasi Base Transceiver Station (BTS) tidak berizin dan tidak memiliki IMB. Penyegelan tersebut dilakukan di Jalan Al Hidayah, RT 2 RW 2, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Kamis (23/9).

Kepala seksi Insentif Disinsentif dan Pembongkaran Bangunan Dinas Tata Ruang Kota Bekasi Tarmuji mengatakan penyegelan dilakukan lantaran belum adanya perizinan dari pihak pemilik atau pun pengelola tower tersebut.

"Kami menerima laporan bahwa ada pendirian Pom maupun tower BTS di lokasi pemukiman warga," ungkap Tarmuji, Kamis (23/9).

Ia menjelaskan, penyegelan dilakukan berdasarkan peraturan daerah ( Perda) Kota Bekasi nomor: 13 tahun 2016 tentang penyelenggaraan Izin pemanfaatan ruang. Kemudian Perda Kota Bekasi nomor: 04 tahun 2017 tentang penyelenggaraan dan retribusi izin mendirikan bangunan, Keputusan Wali Kota Bekasi nomor 650/Kep.588-Distaru/XII/2019 tentang tim penertiban dan pembongkaran bangunan yang melanggar perizinan di Kota Bekasi.

Baca juga : Sudin Tamhut Jakbar Pangkas 6.334 Pohon

Dikatakannya, sejumlah penyegelan harus dilakukan lantaran adanya potensi bahaya bagi warga sekitar. Apalagi, pemilik bangunan tidak mengurus perizinan kepada pemerintah. 

"Dari Jumat pekan lalu sudah kami lakukan, ada pom yang tidak memiliki izin di Kaliabang Bekasi Utara, lalu kemarin tanggal 22 kami juga lakukan penyegelan pada pom di Jalan Rawa Mulya, Mustikajaya,” tegas Tarmuji.

Tarmuji menambahkan sejauh ini pemerintah daerah sudah melayangkan surat teguran. Tetapi tidak ada itikad baik dari pelaku usaha.

"Tidak langsung segel namun proses dan langkah dengan surat sudah kami tempuh,” jelasnya.

Tarmuji mengimbau agar pelaku usaha dapat mengerti serta mentaati peraturan daerah dengan tertib dalam mengurus perizinan. Langkah itu, lanjutnya, sebagai upaya pemerintah untuk menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD).

"Sebagai upaya pemerintah untuk menggali potensi PAD Kota Bekasi," pungkasnya.(OL-2)

 

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Sumur Resapan Merusak Jalan dan Bahayakan Pengguna Lalu Lintas

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 30 November 2021, 15:50 WIB
Pasalnya pembangunan sumur resapan ini menurutnya justru merusak jalanan yang sebelumnya mulus menjadi...
MI/Bary Fathahilah

Polda Metro Jaya Akan Perketat Aktivitas Warga Saat PPKM Level 3

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 30 November 2021, 15:39 WIB
Zulpan mengatakan dengan diterapkannya PPKM Level 3 di Jakarta, pihaknya meminta masyarakat untuk mematuhi aturan yang telah...
ANTARA

Kali Jantung Meluap, Warga Sukamaju Kota Depok Kebanjiran

👤Kisar Rajaguguk 🕔Selasa 30 November 2021, 15:32 WIB
Selain hujan deras, banjir disana juga akibat pembangunan perumahan sehingga air Kali Jantung tidak mengalir lancar dari hulu ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya