Rabu 15 September 2021, 16:20 WIB

Hati-Hati Bebaskan Lahan untuk Normalisasi Sungai

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Hati-Hati Bebaskan Lahan untuk Normalisasi Sungai

MI/Arya Manggala
Ilustrasi

 

DINAS Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta diminta berhati-hati dalam melakukan pembebasan lahan untuk kebijakan normalisasi sungai jangan sampai dimanfaatkan oknum tertentu untuk kepentingan pribadi dan kelompok.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza, itu tugas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sementara, untuk pengerjaan normalisasinya akan dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

"Ya pembebasan lahan itu jadi tugas Pemprov, fisiknya dikerjakan PUPR. Begitu juga pembangunan waduk, situ, embung ada pembebasan lahan. Memang kami minta jajaran kami pemprov harus hati-hati," kata Ariza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/9).

Baca juga : Warga Resah Menanti Pembebasan Lahan Normalisasi

Seperti diketahui Gubernur DKI telah meminta agar pembebasan lahan di beberapa kelurahan yang berkaitan dengan normalisasi Kali Ciliwung dan Kali Pesanggrahan bisa tuntas tahun ini. Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur No 49 tahun 2021.

Sebelumnya, Ketua RW05 Kelurahan Pondok Pinang Mukhlis mengatakan, warga yang lahan maupun bangunan rumahnya terkena pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Pesanggrahan resah karena mulai banyak makelar yang berkeliaran. Makelar itu ingin membeli lahan milik warga lebih awal dan menawar dengan harga lebih murah untuk kemudian mendapatkan untung karena lahan tersebut selanjutnya akan dibebaskan oleh Pemprov DKI dengan harga tinggi.

Wilayah Kelurahan Pondok Pinang masuk ke dalam daftar prioritas pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Pesanggrahan dalam Ingub No 49 tahun 2021. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA

Sejumlah Fasilitas di RPTRA Jakpus Rusak

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 24 September 2021, 15:18 WIB
Sudin PPAPP Jakarta Pusat, Bangun Manalu, mengakui kondisi RPTRA di Jakarta Pusat banyak yang rusak dan kurang...
Metrotvnews

Anggota TNI yang Tewas di Depok Ditikam Pakai Pisau Lipat

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 24 September 2021, 15:04 WIB
"Korban datang untuk melerai. Niatnya baik untuk melerai tetapi secara spontanitas tersangka langsung menusuk pisau tepat di dada...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Anies Ingin Banjir di Jakarta Surut Dalam Enam Jam

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 24 September 2021, 14:29 WIB
Riza menambahkan, jika angka yang dipilih kurang dari itu, akan sulit tercapai karena tidak mudah untuk mengatasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya