Kamis 26 Agustus 2021, 08:08 WIB

Ini Alasan Dishub DKI Kurangi Ruas Jalan Ganjil Genap

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ini Alasan Dishub DKI Kurangi Ruas Jalan Ganjil Genap

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Polisi mengatur lalu lintas kendaraan di pos penerapan ganjil genap di kawasan Bundaran Senayan, Jakarta, Selasa (24/8/2021)

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta mengurangi jumlah ruas jalan yang menjadi area pembatasan lalu lintas kendaraan pribadi dengan ganjil genap pada masa PPKM Level 3. Semula pada PPKM level 4, ada delapan ruas jalan yang menjadi area ganjil genap. Namun, pada PPKM level 3 hanya tiga ruas jalan yakni Jl Jenderal Sudirman, Jl MH Thamrin, dan Jl HR Rasuna Said yang sebelumnya tidak diterapkan ganjil genap.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya melihat ganjil genap efektif untuk membatasi mobilitas warga selama pandemi. Ia menjelaskan mobilitas masyarakat tertinggi adalah menuju tiga ruas jalan yang tersisa menjadi area ganjil genap.

"Kita harapkan dengan pola ini bisa lebih memecah yang tadinya konsentrasi di Sudirman-Thamrin dilakukan ganjil genap. Di Rasuna Said yang selama ini tidak ada ganjil genap tetap padat. Nah, oleh sebab itu yang dilakukan Gage sekarang Sudirman-Thamrin kemudian Rasuna Said," kata Syafrin saat dikonfirmasi, Kamis (27/8).

Baca juga:  Polda Metro Siap Terapkan Ganjil Genap di Tiga Ruas Jalan

Syafrin melanjutkan, selama ini efektivitas ganjil genap di delapan ruas sebelumnya sudah cukup baik. Kepadatan lalu lintas di delapan ruas jalan tersebut tidak mengalami pertambahan signifikan meskipun terdapat pelonggaran seperti pembukaan pusat perbelanjaan selama PPKM level 4.

Masa berlaku ganjil genap di tiga ruas jalan ini adalah kemarin hingga 30 Agustus. Ia menegaskan akan terus mengevaluasi efektivitas kebijakan ini guna membatasi kegiatan mobilitas masyarakat.

"Ini akan kita evaluasi terus seperti apa. Apakah dengan pola yang sekarang dapat mengurangi mobilitas masyarakat penerapan PPKM level 3," jelasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

243 Kasus Omikron Transmisi Lokal Terdeteksi di DKI

👤Ant 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:27 WIB
"Total kasus omikron di DKI ada 825, terpapar dari luar negeri 582, yang transmisi lokal atau nonpelaku perjalanan luar negeri 243...
MI/Rahmatul Fajri

Polisi Terbitkan SP3 Kasus Mafia Tanah Tukang AC

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 17 Januari 2022, 20:32 WIB
POLRES Metro Jakarta Barat mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) dalam kasus mafia tanah dengan korban tukang AC, Ng Je...
Medcom

Penetapan Raperda Tangsel 2022 Jangan Tabrak Regulasi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 17 Januari 2022, 20:22 WIB
DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, telah memasukan 24 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) ke Program Pembentukan Perda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya