Minggu 20 Juni 2021, 13:33 WIB

3.486 Rukun Tetangga di Jakarta Zona Merah Covid-19

Hilda Julaika | Megapolitan
3.486 Rukun Tetangga di Jakarta Zona Merah Covid-19

Antara
Ilustrasi

 

SEBANYAK 3.486 wilayah Rukun Tetangga (RT) di DKI Jakarta masuk ke dalam zona rawan atau zona merah. Adapun peta zona merah ini sebagai acuan penerapan Wilayah Pengendalian ketat di sejumlah RT yang terdampak covid-19 di Jakarta.

Data tersebut dapat dilihat di situas resmi Pemprov DKI Jakarta yakni, corona.jakarta.go.id. Data RT rawan ini pada periode 14 Juni hingga 20 Juni, hari ini.

Untuk diketahui, berdasarkan situs statistik.jakarta.go.id jumlah RT di Jakarta mencapai 30.417 dengan 3.486 merupakan zona merah.

“Untuk Jakarta Pusat ada 460 RT, Jakarta Selatan ada 672 RT, Jakarta Timur ada 828 RT, Jakarta Utara ada 547 RT, Jakarta Barat ada 975 RT, dan Kepulauan Seribu ada 4 RT,” tulis data di website corona.jakarta.go.id, Minggu (20/6).

Baca juga : 3,3 Juta Warga di Jakarta Sudah Divaksin Dosis Pertama

Sementara itu, Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI-P, Gilbert Simanjuntak melihat penerapan lockdown mikro tingkat RT dan RW masih harus dibenahi. Hal ini dilihat dari pengawasan yang dinilainya belum benar-benar ketat. Apalagi saat ini kasus covid-19 tengah melonjak tinggi dengan penambahan harian yang mencapai 4000 an kasus.

“Sepanjang pengawasan tidak betul-betul ketat, maka kita hanya bisa berharap kepada penurunan kasus secara alami atau kepada kesadaran masyarakat yang sebagian sulit. Di samping faktor surgawi yang sering dibuat alasan,” ungkapnya.

Anggota Komisi B DPRD DKI ini juga meminta ada pengawasan total dan menyeluruh di wilayah yang masuk ke zona merah. Seperti data dari corona.jakarta.go.id yang memperlihatkan ribuan RT masuk dalam zona rawan covid-19.

“Sebaiknya pengawasan total, dan melibatkan RT/RW yang benar-benar diawasi. Tempat yang potensial penularan juga diawasi betul,” pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Galih Pradipta

Wagub DKI Sebut Kematian Pasien Isoman Sekitar 30 Persen

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:50 WIB
Menurut Ariza, tingkat kematian akibat covid-19 menurun sekitar...
MI/Dok Pemkot Bekasi

Warga Kota Bekasi Diminta tidak Takut Divaksin Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:45 WIB
Warga yang belum melakukan vaksinasi, diharapkan segera mendaftarkan diri melalui RT/RW dan Kelurahan setempat dengan melakukan proses...
medcom.id

Kesembuhan 94%, Wali Kota Bekasi Minta PPKM Diturunkan ke Level 2

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:21 WIB
Wali Kota Bekasi meminta level PPKM diturunkan lantaran kasus aktif dan tingkat BOR sudah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya