Sabtu 06 Maret 2021, 12:40 WIB

Pemprov DKI Targetkan Pembebasan Lahan Ciliwung Tuntas di 2022

Hilda Julaika | Megapolitan
Pemprov DKI Targetkan Pembebasan Lahan Ciliwung Tuntas di 2022

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Kondisi bantaran sungai ciliwung di wilayah Manggarai, Jakarta Selatan

 

PEMPROV DKI Jakarta menargetkan pembebasan lahan di sepanjang Sungai Ciliwung bisa tuntas pada tahun 2022. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, saat ini sudah ada 7,6 kilometer lahan yang sudah dibebaskan. Artinya masih ada sekitar 17 kilometer yang perlu dibebaskan.

Ia mengaku proses pembebasan lahan ini membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat. Pasalnya, untuk menuntaskan sisa pembebasan lahan Sungai Ciliwung membutuhkan anggarabn mencapai Rp5 triliun.

“Yang kita harapkan di periode ini ke depan sampai 2022 kita bisa selesaikan di Ciliwung. Tapi perlu dukungan dari pemerintah pusat. Karena pembebasan lahannya lebih dari Rp5 triliun,” kata Ariza, sapaan akrab Wagub DKI, di Balai Kota.

Ariza menyampaikan, dalam melakukan normalisasi sungai, proses paling sulit dan membutuhkan biaya besar adalah pembebasan lahan. Karena untuk memasang sheet pile berdasarkan perhitungannya hanya membutuhkan dana Rp370 miliar. Sementara untuk pembebasan lahan Sungai Ciliwung memerlukan Rp5 triliun.

“Bikin sheet pilenya jauh lebih murah daripada membebaskan lahannya. Membebaskan lahan itu banyak masalahnya, satu masalahanya banyak yang bersengketa, masih di pengadilan. perlu waktu, kita kan negara hukum,” paparnya.

Baca juga: Sungai Ciliwung Meluap, Lalin di Jatinegara Barat Tersendat

Ia melanjutkan, dalam proses pembebasan lahan ada saja pihak warga yang melakukan penggugatan lahan ke pengadilan hingga intervensi dan lain sebagainya. Selain itu, masalah anggaran pun menjadi tantangan tersendiri untuk Pemprov DKI. Karena memerlukan dana yang sangat besar.

“Kalau pembebasan lahan itu, ada yang menggungat, ada yang intervensi, ke pengadilan terjadi gugat mengguat. Kan biasa masalah sengketa terjadi seperti itu. Kedua, masalah anggarannya. kami kan punya keterbatasan, apakah tidak serius? lebih dari serius. tadi saya sampaikan lebih dari 20% anggaran belanja modal kita manfaatkan untuk banjir. sudah luar biasa dong,” tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Bus Sinar Jaya hanya Angkut Satu Penumpang di Terminal Kalideres

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 07 Mei 2021, 00:15 WIB
KEPALA Terminal Kalideres Revi Zulkarnain mengungkapkan armada perusahaan otobus (PO) Sinar Jaya hanya membawa seorang penumpang dari...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

129 Pengendara yang Lewat Puncak Bogor Diminta Putar Balik

👤Antara 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:25 WIB
Sebagian besar kendaraan yang diputar balik memiliki tujuan ke tempat...
MI/Ramdani

Polda Metro Pastikan tidak Akan Ada Pemudik yang Lolos

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:41 WIB
Polda Metro Jaya memastikan tidak ada pemudik yang bisa lolos dari penyekatan mudik Operasi Ketupat Jaya 2021 yang digelar sesuai kebijakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya