Jumat 19 Februari 2021, 04:38 WIB

Pandemi, BPS Kab.Bogor Catat Pengurangan Penduduk Capai 500 Jiwa

mediaindonesia.com | Megapolitan
Pandemi, BPS Kab.Bogor Catat Pengurangan Penduduk Capai 500 Jiwa

ANTARA FOTO/Yulius Satria W
Ilustrasi warga kabupaten bogor

 

KASI Statistik Sosial Badan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor Ujang Jaelani menyampaikan catatan pihaknya terkait pengurangan jumlah penduduk setempat mencapai 500 ribu jiwa. Pengurangan ini terjadi selama masa pandemi covid-19.

"Tahun 2019 sekitar 5,9 juta jiwa, hasil Sensus Penduduk 2020 menurun menjadi 5,4 juta jiwa," ungkap Ujang Jaelani di Cibinong, Bogor, Kamis (18/2).

BPS telah memproyeksikan jumlah penduduk Kabupaten Bogor pada 2020 sebanyak enam juta jiwa sesuai asumsi pertambahan jumlah penduduk dari tahun ke tahun. Akan tetapi, kata dia, jumlah tersebut bukannya bertambah malah berkurang karena pandemi.

"Kita proyeksikan sekitar enam juta (jiwa) awalnya. Waktu memproyeksikan asumsi pandemi belum diperhitungkan, proyeksi dihitung dua tahun lalu," ujar Ujang.

Baca juga: 25.600 Dosis Vaksin Tahap Pertama Baru Tiba di Kabupaten Bogor

Meski tak merinci jumlahnya, ia menyebutkan pengurangan penduduk terjadi karena banyak faktor, mulai dari perpindahan penduduk hingga meninggal dunia.

"Ada juga (warga) yang meninggal dunia, tapi dibanding yang bergerak ke luar Bogor, jauh lebih banyak yang bergerak ke luar Bogor," tuturnya.

Ujang menyebutkan terjadi perpindahan penduduk ke luar Kabupaten Bogor lebih besar selama pandemi covid-19. Salah satu faktor perpindahan penduduk itu, imbuh Ujang, seperti warga pendatang yang pulang ke kampung halaman karena pembatasan aktivitas di Kabupaten Bogor.

"Pengurangan jumlah pekerja di berbagai sektor, terlebih di industri, PHK, relokasi industri, perhotelan, pusat-pusat perdagangan juga. Mereka umumnya pendatang yang ngontrak tinggalnya, banyak kontrakan kosong. Di pusat pendidikan, kampus misalnya, banyak kontrakan-kontrakan yang kosong," pungkasnya.(Ant/OL-5)

Baca Juga

dok.humas

Pengembangan Desa Wisata Kertarahayu Bekasi Diapresiasi Dirjen Bina Pemdes

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:39 WIB
DESA wisata Kertarahayu mulai dikembangkan pada tahun 2021, diapresiasi  lantaran mampu menerapkan praktik pengembangan pariwisata...
Antara

Gedung Pemerintah di Jakarta Disewakan untuk Bangun IKN 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:09 WIB
"Jadi gedung pemerintah di Jakarta dikomersialkan, disewakan jangka panjang dan uangnya dipakai untuk di sana," ungkapnya kepada...
MI/Andri Widiyanto

Mulai Besok, Rute TransJakarta Ciputat-Tosari Kembali Beroperasi 

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:00 WIB
Dia menambahkan, kebijakan ini juga berdasarkan evaluasi yang dilakukan dari kebutuhan dan permintaan pelanggan yang banyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya