Senin 14 November 2022, 15:50 WIB

Populasi Manusia Genap 8 Miliar di Bulan November

Devi Harahap | Weekend
Populasi Manusia Genap 8 Miliar di Bulan November

Dok. un.org
infografis populasi manusia dunia dari PBB

 

Sejak kemunculan manusia pertama populasi manusia terus mengalami kenaikan. Tahun demi tahun jumlahnya terus meningkat meski melewati berbagai hal seperti pandemi, peperangan, hingga bencana. Di bulan November tahun 2022 ini, populasi manusia di bumi jumlahnya diproyeksikan akan mencapai 8 miliar orang.

Proyeksi jumlha manusia tersebut dirilis oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Angkanya diyakini akan menyentuh 8 miliar pada tanggal 15 November 2022. Ini merupakan sebuah tonggak sejarah dalam kehidupan manusia.

Pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini merupakan hasil dari tingkat kesuburan dan kelahiran yang tinggi dan terus-menerus di beberapa negara. Selain itu, faktor peningkatan seperti bertahap dalam umur manusia karena perbaikan kesehatan masyarakat, nutrisi, kebersihan pribadi, dan ketersediaan obat-obatan juga mempengaruhi bertambahnya populasi.

Negara dengan tingkat kesuburan tertinggi cenderung menjadi negara dengan pendapatan per kapita terendah. Oleh karena itu, pertumbuhan populasi global dari waktu ke waktu menjadi semakin terkonsentrasi negara-negara termiskin di dunia, yang sebagian besar berada di Afrika sub-Sahara.

"Di negara-negara itu, pertumbuhan penduduk yang cepat dan berkelanjutan dapat menggagalkan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), yang tetap merupakan jalur terbaik dunia menuju masa depan yang bahagia dan sehat," ujar Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, seperti dilansir dari laman resmi PBB, Jumat (11/11).

Dilansir dari Science Alert, dalam data World Bank tahun 2021, populasi manusia sudah di angka 7,837 miliar orang. Jumlah ini tentu berbeda jauh dengan kemunculan manusia pertama di Afrika lebih dari 2 juta tahun yang lalu. Angka pertumbuhan populasi global meningkat dari 7 miliar menjadi 8 miliar hanya dalam waktu 12 tahun saja.

Akan tetapi, ilmuwan memperkirakan setelah melewati angka 8 miliar peningkatan pertumbuhan keseluruhan populasi global akan melambat. Jumlahnya baru akan meningkat jadi 9 miliar dalam waktu 15 tahun atau pada tahun 2037.

(M-4)

 

Baca Juga

Dok. Jaman Studio

Film Horor Anak Titipan Setan Siap Tayang Awal 2023

👤Fathurrozak 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 11:20 WIB
Anak Titipan Setan merupakan film yang dibiayai Perum Produksi Film Negara (PFN) dan diproduksi Jaman...
Dok. 123RF/belchonock

Senyawa Kentang dan Tomat Berpotensi Sebagai Obat Kanker Baru

👤Nike Amelia Sari 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 10:30 WIB
Sekelompok peneliti asal Polandia menemukan fakta, senyawa glikoalkaloid pada kentang dan tomat memiliki potensi untuk melawan sel...
Dok. Penerbit Haru

Misteri Dua Sahabat dari Minato Kanae

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 07:50 WIB
BAGI penggemar sastra populer Asia, khususnya yang bergenre misteri dan thriller, nama Minato Kanae mungkin sudah tak lagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya