Jumat 12 Februari 2021, 17:31 WIB

Prosesi Ibadah Imlek di Klenteng Kong Miao TMII Dibatasi

 Hilda Julaika | Megapolitan
Prosesi Ibadah Imlek di Klenteng Kong Miao TMII Dibatasi

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Warga keturunan Tionghoa melakukan sembahyang menyambut tahun baru Imlek 2572 di kawasan Klenteng Petak Sembilan, Jakarta, Jumat (12/2).

 

KEGIATAN sembahyang umat Konghucu di Klenteng Kong Miao, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, dalam perayaan Imlek, Jumat (12/2), dibatasi. Jika biasanya jumlah jemaat yang sembahyang mencapai 100 orang, kini dibatasi maksimal hanya 20 orang.

Selain membatasi kapasitas, pengelola Klenteng Kong Miao juga membatasi waktu berdoa bagi pengunjung di malam Imlek mulai pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB dan pada pagi harinya pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. Bahkan, atraksi Barongsai dan Liong yang biasanya ikut meramaikan perayaan Imlek, tahun ini tidak diadakan.

Staf Sekretariat Klenteng Kong Miao TMII, Rini Antika menuturkan, pembatasan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 seperti yang dianjurkan pemerintah. Mereka yang melaksanakan ibadah adalah pimpinan umat tetap klenteng.

“Kita mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Di masa pandemi seperti ini kita batasi jumlah umat yang sembahyang, maksimal 20 orang. Padahal kapasitas klenteng ini bisa mencapai 100 orang,” kata Rini dalam keterangan resminya, Jumat (12/2).

Untuk mencegah terjadinya kerumunan massa, lanjut Rini, pengelola klenteng tidak menggelar tradisi pembagian angpao. Sebagai gantinya, pada 5 Februari lalu, pengelola Klenteng Kong Miao TMII mengadakan kegiatan bakti sosial dengan membagikan 100 paket sembako kepada warga kurang mampu di sekitar TMII.

Ia berharap, pada Tahun Kerbau ini kasus pandemi covid-19 cepat berlalu dari bumi pertiwi dan bencana alam juga cepat sirna.

"Semoga Indonesia cepat bangkit kembali dan masyarakatnya dapat kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala," harapnya. (Hld/OL-09)

Baca Juga

DOK IST

Polres Tanjung Priok Antisipasi Kasus Covid-19 Pascalebaran

👤Budi Ernanto 🕔Minggu 16 Mei 2021, 17:50 WIB
Upaya antisipasi yang dilakukan selama ini juga hasil kerja sama dengan otoritas pelabuhan, kesyahbandaran, Dinas Perhubungan, KPLP,...
MI/Ramdani

Pusat Perbelanjaan akan Tolak Pengunjung Jika Kapasitas Dekati 50%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 16 Mei 2021, 17:45 WIB
Penolakan tersebut bisa dilakukan dengan memasang tanda pada papan ketersediaan parkir...
Antara/Rivan Awal Lingga

Cegah Pertikaian, Polisi Minta Pemudik Bawa Surat Bebas Covid-19

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 16 Mei 2021, 17:30 WIB
Sejatinya warga bukannya menolak pemudik yang akan kembali ke rumah. Namun, warga meminta para pemudik untuk sadar akan pentingnya cek...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kekerasan Mengguncang Gaza, Israel, dan Tepi Barat

Sejak Senin (10/5), 132 kematian warga Palestina telah terdaftar di Gaza dan sembilan di Israel, termasuk beberapa anak di bawah umur.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya