Senin 25 Januari 2021, 17:48 WIB

DKI Jakarta Beli 5 Lahan Baru untuk Pemakaman Covid-19

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
DKI Jakarta Beli 5 Lahan Baru untuk Pemakaman Covid-19

Antara
Pemakaman Bambu Apus

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota melakukan pembelian lahan di lima lokasi. Kelima lokasi itu rencananya akan dijadikan tempat pemakaman umum (TPU) baru.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan pihaknya membuka TPU baru yang akan digunakan untuk memakamkan jenazah yang harus diproses dengan protokol tetap (protap) covid-19.

"Ada lima lokasi yang kita beli di Bambu Ulung, Kampung Dukuh, Semper, Joglo, dan Srengseng Sawah," kata Suzi di Balai Kota, Senin (25/1).

Pembelian lahan di lima lokasi itu mencapai Rp185 miliar. Sementara untuk total luas lahan dari kelima lokasi itu mencapai 3,3 hektare.

"Kita membuka lahan baru, seperti Rorotan kemudian Srengseng Sawah yang kita baru beli. Kemudian Bambu Wulung, Bambu Apus kita beli juga, Kampung Dukuh. Nah, itu juga bukan untuk mengakomodir yang covid saja, jadi seperti kita perluasan kan kita juga harus mengakomodir jenazah yang non covid," jelas Suzi.

Menurutnya, meski sudah melakukan pembelian lahan di akhir tahun lalu, lahan-lahan itu tidak bisa begitu saja langsung digunakan untuk pemakaman. Harus ada prosedur lainnya yang harus dijalankan seperti pematangan lahan, pengukuran untuk pembuatan petak makam, hingga penggalian lubang.

Suzi mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan SKPD lain seperti Suku Dinas Sumber Daya Air agar mau menerjunkan alat berat yang membantu penggalian lahan makam.

"Lumrahnya kalau sudah matang lahannya, kita tanami rumput dulu. Tapi karena ini sedang percepatan ya itu nanti saja. Yang penting kita kolaborasi dengan SKPD lain untuk mempercepat penggalian lahan makam. Ini kita percepatan terus. Petugas di lapangan bekerja sampai jam 10 malam, jam 11 malam. Susah dan mana risikonya juga tinggi," terangnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Hafidz Muabrak A

Wagub DKI Minta Masyarakat Laporkan Kafe yang Langgar PSBB

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 02 Maret 2021, 02:40 WIB
Seperti diketahui, pemerintah menetapkan jam operasional kafe, restoran, dan tempat makan hanya boleh buka sampai pukul 21:00...
Dok. TangCity

Pelaku Ekonomi di Tangerang Sambut Baik Vaksinasi Covid-19

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 02 Maret 2021, 01:56 WIB
Sebanyak 1.000 dosis vaksin diberikan kepada pedagang dan tenaga pelayanan publik dalam momen vaksinasi...
MI/VICKY GUSTIAWAN

DKI Diminta Belajar ke Singapura Soal Penertiban Tempat Nongkrong

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 01 Maret 2021, 22:15 WIB
Di Singapura, semua area tempat hiburan malam terdapat cctv untuk memantau aktivitas dan rekaman dari pengunjung yang disimpan setidaknya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya