Kamis 21 Januari 2021, 19:04 WIB

KNKT Terus Investigasi Pencarian CVR  SJ 182 di Pulau Lancang

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
KNKT Terus Investigasi Pencarian CVR  SJ 182 di Pulau Lancang

Antara/Muhamamd Adimaja
Prajurit Kopaska TNI melakukan penyelaman dalam operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182

 

MESKI operasi evakuasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dihentikan, Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menegaskan pihaknya akan terus melacak untuk menemukan kotak hitam berupa cockpit voice recorder (CVR).

Pencarian tersebut bakal difokuskan di sekitar perairan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, tempat yang menjadi titik perkiraan jatuhnya pesawat tersebut pada Sabtu (9/1) lalu. 

"Kami dari KNKT sebagai tanggung jawab akan melakukan investigasi. Kami masih akan terus melakukan pencarian CVR yang sampai hari ini belum ditemukan," ujar Soerjanto dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (21/1).

Pencarian tersebut, ungkapnya, didukung oleh pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Basarnas, TNI Angkatan Laut, Polri dan lainnya termasuk warga di Kepulauan Seribu itu sendiri. 

Baca juga : Operasi SAR SJ 182 Dihentikan, Basarnas tetap Pantau Lokasi

Penemuan CVR bakal melengkapi data-data kotak hitam yang sudah ditemukan yaitu flight data recorder (FDR) pada 15 Januari lalu.

"Kami apresiasi dari penyelam TNI AL telah bisa menemukan salah satu black box yaitu FDR dalam waktu 4 hari. Kita harapkan dari doa masyarakat semuanya dalam operasi lanjutan ini berjalan lancar," tutur Soerjanto.

Dalam pencarian pesawat dan korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182, diterjunkan 4.300 personel gabungan tim SAR, 62 kapal laut dan 15 pesawat.

Dalam operasi pencarian dan pertolongan, tim gabungan Basarnas telah mengevakuasi 324 kantong jenazah yang berisi bagian tubuh korban, serpihan besar pesawat 55 buah dan serpihan kecil pesawat sebanyak 68 buah. (OL-7)

Baca Juga

Dok MI

Pemuda di Tangerang Sekap dan Perkosa Perempuan 16 Tahun

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:42 WIB
Korban tidak kenal dengan pelaku, namun diketahui pelaku adalah teman dari teman lelaki...
Dok Polri

Polri Yakini Keterangan Putri Candrawathi Ungkap

👤MGN 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:57 WIB
"Faktor pemicu kejadian sebagaimana diungkapkan Pak FS (Ferdy Sambo)," ujar...
dok.ist

Sahabat Sandi Gelar Pelatihan Barista untuk Ciptakan Lapangan Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:18 WIB
SANDIUNO menggelar pelatihan Barista Kopi di Seso' Jl Tanah Abang II No.44, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut guna mengasah keterampilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya