Kamis 21 Januari 2021, 19:04 WIB

KNKT Terus Investigasi Pencarian CVR  SJ 182 di Pulau Lancang

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
KNKT Terus Investigasi Pencarian CVR  SJ 182 di Pulau Lancang

Antara/Muhamamd Adimaja
Prajurit Kopaska TNI melakukan penyelaman dalam operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182

 

MESKI operasi evakuasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dihentikan, Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menegaskan pihaknya akan terus melacak untuk menemukan kotak hitam berupa cockpit voice recorder (CVR).

Pencarian tersebut bakal difokuskan di sekitar perairan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, tempat yang menjadi titik perkiraan jatuhnya pesawat tersebut pada Sabtu (9/1) lalu. 

"Kami dari KNKT sebagai tanggung jawab akan melakukan investigasi. Kami masih akan terus melakukan pencarian CVR yang sampai hari ini belum ditemukan," ujar Soerjanto dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (21/1).

Pencarian tersebut, ungkapnya, didukung oleh pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Basarnas, TNI Angkatan Laut, Polri dan lainnya termasuk warga di Kepulauan Seribu itu sendiri. 

Baca juga : Operasi SAR SJ 182 Dihentikan, Basarnas tetap Pantau Lokasi

Penemuan CVR bakal melengkapi data-data kotak hitam yang sudah ditemukan yaitu flight data recorder (FDR) pada 15 Januari lalu.

"Kami apresiasi dari penyelam TNI AL telah bisa menemukan salah satu black box yaitu FDR dalam waktu 4 hari. Kita harapkan dari doa masyarakat semuanya dalam operasi lanjutan ini berjalan lancar," tutur Soerjanto.

Dalam pencarian pesawat dan korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182, diterjunkan 4.300 personel gabungan tim SAR, 62 kapal laut dan 15 pesawat.

Dalam operasi pencarian dan pertolongan, tim gabungan Basarnas telah mengevakuasi 324 kantong jenazah yang berisi bagian tubuh korban, serpihan besar pesawat 55 buah dan serpihan kecil pesawat sebanyak 68 buah. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Kalah Sengketa, Pemprov DKI Harus Buka Informasi Soal Banjir

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 08 Maret 2021, 20:25 WIB
LBH Jakarta mengapresiasi putusan majelis komisioner yang mendasarkan pertimbangannya pada kepentingan publik, khususnya warga DKI Jakarta...
Antara

Polda Usut Kasus Mafia Tanah yang Gondol Uang Pertamina

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 08 Maret 2021, 19:35 WIB
"Akibat ulah mafia tanah, uang Rp244 miliar milik Pertamina raib,"...
MI/M Irfan

Jelang Libur Panjang, DKI Perpanjang PPKM Mikro

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 08 Maret 2021, 16:02 WIB
Kebijakan terbaru yang tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI 213/2021, bertujuan menekan laju penyebaran covid-19 di wilayah Ibu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya