Kamis 22 Oktober 2020, 14:38 WIB

Antisipasi Libur Panjang, Korlantas Siapkan Contra Flow

Yakub Pryatama | Megapolitan
Antisipasi Libur Panjang, Korlantas Siapkan Contra Flow

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Pemberlakuan contra flow

 

KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan selama puncak arus mudik libur panjang pada akhir Oktober.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan menuturkan polisi kemungkinan akan memberlakukan contra flow (lawan arus) di beberapa titik jalan.

"Sudah kita siapkan, beberapa kali kita telah rapat dengan Jasamarga, Dishub, Tol, untuk menyiapkan rekayasa lalu lintas," ungkap Rudy, Rabu (21/10).

Rudy menjelaskan, bagi pemudik yang akan berangkat ke arah Jawa Tengah akan melalui jalur tol. Sementara, untuk tujuan ke Merak dan Lampung, Rudy mengatakan pihaknya mempersiapkan rekayasa lalu lintas.

"Nanti ada penerapan contraflow. Kalau jalur ke sana padat, kita persiapkan rekayasa lalu lintas dengan ambil lajur arah Jakarta kita contraflow," paparnya.

Baca juga:  Libur Panjang akhir Bulan, Kemenhub Antisipasi Pergerakan Warga

Rudy menuturkan polisi akan menyiapkan pengalihan arus lalu lintas dari KM 47 sampai KM 61. Pengalihan tersebut merupakan titik pertemuan antara tol elevated atas dengan bawah.

Untuk jalur balik, polisi menyialkan pengalihan arus lalu lintas dari KM 61 sampai ke 47.

"Kalau masih padat hingga KM 28," ucap Rudy.

Rudy menegaskan, tidak akan ada pembatasan jumlah kendaraan selama libur panjang meski dalam situasi pandemi covid-19. Namun, para pengendara harus menerapkan protokol kesehatan yang akan tetap diberlakukan dengan membatasi kapasitas rest area 50%.

"Iya itu tetap mengimbau menjaga protokol kesehatan. Nanti di rest area pembatasan kapasitas 50 persen. Ini tergantung masing-masing Pemda," ungkapnya.

Untuk informasi, arus mudik libur panjang karena ybertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berlangsung sepekan. Kepadatan arus mudik akan mulai pada 27 Oktober.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sakti Karuru

Penerapan Prokes di Sekolah yang Terapkan PTM 100 Persen Menurun

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:01 WIB
"Kami melihat, makin turun disiplin prokes di sekolah-sekolah. Kami yakin betul itu terjadi di seluruh sekolah-sekolah di Kota...
dok.ant

Pandemi Mereda Pedagang Bendera di Jakarta Bisa Tersenyum

👤Irfan Julyusman 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 08:50 WIB
MENJELANG 17 Agustus mulai tampak banyak penjual bendera yang menjajakan dagangan mereka, dari yang keliling hingga yang mangkal menunggu...
MI/Seno

Intoleransi di SMAN 58 Jakarta, Effendi: Sudah tidak Ada Persoalan  

👤Irfan Julyusman 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 08:31 WIB
Pihak sekolah saat itu sudah melakukan tindakan penyelesaian kasus tersebut, Effendi mengatakan proses penyelesaian hingga ke Dinas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya