Kamis 10 September 2020, 12:09 WIB

IDI Sarankan DKI Gandeng RT/RW untuk Awasi Warga

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
IDI Sarankan DKI Gandeng RT/RW untuk Awasi Warga

MI/ANDRI WIDIYANTO
Warga yang terjaring razia masker dikenakan sanksi sosial di Kawasan Kampung Melayu, Jakarta.

 

KETUA Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Mohammad Daeng Faqih mengatakan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total di Jakarta bisa efektif mengurangi penularan dengan catatan harus dilakukan dengan berbagai upaya yang optimal.

Upaya-upaya tersebut di antaranya melakukan pengawasan ketat terhadap aktivitas warga dan implementasi gerakan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker) di seluruh tempat tidak terkecuali lingkungan permukiman warga.

"Kalau bisa usulan saya manfaatkan pos-pos di RT dan RW. Karena kondisi memungkinkan tingkat RT RW untuk bisa dibuat pos-pos pengawasan keluar masuk warga. Lain ya dilarang dan diawasi. Kalau diawasi masuk apakah ada indikasi. Kalau ada cepat dilakukan pemeriksaan, dilakukan testing, dilihat hasilnya. Kalau itu dilakukan di tingkat RT dan RW di kmpung-kampung oleh pimpinan RT dan RW dan tokoh-tokoh masyarakat di situ mungkin Jakarta bisa mereda wabahnya," kata Daeng saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (10/9).

Baca juga: Jelang PSBB Total, Taman Margasatwa Ragunan Masih buka

Kegiatan pengawasan yang menyeluruh ini sangat diperlukan untuk mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat terkait pencegahan penularan covid-19.

Pemprov DKI juga bisa melibatkan aparat TNI dan Polri yakni Bhabinkatibmas. Namun, kehadiran aparat juga harus didukung kedisiplinan yang meningkat dan upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) yang optimal dari pemda.

"Jadi ini sudah kerja semesta. Pemda, petugas kesehatan, dan aparat tidak bisa sendiri, harus ada masyarakat yang juga sadar. Ini harus bersama-sama dengan tokoh masyarakat, ada pini sepuh yang dilibatkan gotong royong menuntaskan covid-19," tegasnya.

Sebelumnya, kemarin, Pemprov DKI Jakarta memutuskan menarik rem darurat dan menghentikan PSBB Transisi dan beralih ke PSBB total. PSBB total akan dimulai pada Senin (14/9) mendatang. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Tiga Anggota Polda Metro Terlapor Unlawful Killing 4 Laskar FPI

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:00 WIB
Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Brigjen Andi Rian Djajadi menyebut laporan polisi (LP) sudah dibuat penyidik sejak minggu...
MI/M.irfan

Ada Kasus Mutasi Covid-19, Wagub DKI Imbau Warga Tetap Tenang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 03 Maret 2021, 22:32 WIB
Pria yang akrab disapa Ariza itu juga meminta agar masyarakat terus waspada serta disiplin dalam menerapkan protokol...
Antara

Angka Positif Covid-19 di Jakarta Bertambah 1.437

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 03 Maret 2021, 22:03 WIB
"Total 5.613 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,6%. Untuk 'positivity rate' atau persentase kasus positif sepekan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya