Selasa 18 Agustus 2020, 03:20 WIB

Perayaan Berbeda tapi Bermakna

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Perayaan Berbeda tapi Bermakna

MI/Susanto
Warga mengikuti lomba panjat pinang di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin(17/08/2020).

 

ADA yang berbeda dalam perayaan HUT ke- 75 RI tahun ini. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melarang kegiatan perlombaan. Hanya perlombaan secara daring yang diperbolehkan.

“Kalau mau buat lomba, ya secara online. Baca puisi atau nyanyi online. Tunjuk jurinya, silakan,” ucap Wa kil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, kemarin.

Gubernur DKI Anies Baswedan telah mengeluarkan Surat Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 14/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan/Perlombaan dalam Rangka Perayaan Ke-75 Hari Kemerdekaan RI. Dalam seruan itu ada kegiatan yang dilarang Anies. Salah sa tunya ialah semua jenis per lombaan.

“Insya Allah tanpa kegiatan perlombaan, tidak mengurangi kesemarakan di dalam merayakan 75 tahun ke merdekaan Indonesia,” kata Anies.

Apabila ada warga yang nekat tetap menggelar lomba secara langsung alias tatap muka, Anies meminta perangkat daerah setempat menindak hal tersebut. Ia tidak me nyebutkan apakah warga yang ngotot bikin lomba akan dikenai sanksi atau tidak. “Pak lurah sudah keliling, mereka akan menindak. Saya minta warga ikut bantu awasi,” tukas Anies.

Kepala Satpol PP Arifin pun menginstruksikan semua jajarannya untuk mengawasi serta melakukan patroli terhadap perayaan yang mungkin dilakukan warga.

Seruan itu ditanggapi Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji yang mengatakan kebanyakan warganya sibuk menghias kampung. “Kita melarang lomba 17-an. Kegiatan 17 Agustus dilaksanakan hanya upacara dan meng hias kampung,” kata Isnawa.

Isnawa menyebut kegiatan menghias kampung juga dilakukan pihaknya. Salah satunya ialah menghias atau mural di terowongan Stasiun Cawang, Tebet Timur, Jaksel. “Biar spot itu jadi instagrammable. Sebelum dihias, banyak coretan liar di tembok terowongan itu,” kata Lurah Tebet Timur Siti Fauziah Ghozali.

Pasukan oranye Kelurahan Tebet Timur menghias kolong jembatan Stasiun Cawang itu dengan mural bernuansa kemerdekaan. Ada empat desain mural, yaitu logo Jakarta Raya, logo Jakarta Selatan, dan satu pasang ondel-ondel, yang sudah dikerjakan petugas selama satu minggu lebih.

Sementara itu, Taman Impian Jaya Ancol menggelar upa - cara pengibaran bendera Merah Putih di Akuarium Uta ma Sea World. Division Head of Tirta Ancol Taman Impian Rika Sudranto menuturkan kali ini tidak banyak pengun jung yang menyaksikan langsung karena ada pandemi co vid-19.

Di Bekasi, warga Bintara Jaya, Bekasi Barat, memilih mengikuti lomba di dalam rumah sesuai dengan imbauan ketua RT setempat. “Anak saya memilih lomba gambar di rumah. Ini kreatif sih. Yang penting enggak kumpulkumpul,” kata Lian Siahaan, warga setempat.

Ada berbagai lomba yang di gelar pihak RT 01 RW 04 Bintara Jaya dan bisa dipilih warga. Satu di antaranya lomba foto keluarga dengan tema 17 Agustus. Warga setempat diminta memakai baju yang sopan dan format foto berwarna. Lalu ada lomba menyanyi keluarga dalam bentuk video. Ada pula lomba menghias pagar rumah, mewarnai, dan menggambar. (Ins/Ssr/KG/DD/J-1)

Baca Juga

Antara

Bus Sinar Jaya hanya Angkut Satu Penumpang di Terminal Kalideres

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 07 Mei 2021, 00:15 WIB
KEPALA Terminal Kalideres Revi Zulkarnain mengungkapkan armada perusahaan otobus (PO) Sinar Jaya hanya membawa seorang penumpang dari...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

129 Pengendara yang Lewat Puncak Bogor Diminta Putar Balik

👤Antara 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:25 WIB
Sebagian besar kendaraan yang diputar balik memiliki tujuan ke tempat...
MI/Ramdani

Polda Metro Pastikan tidak Akan Ada Pemudik yang Lolos

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:41 WIB
Polda Metro Jaya memastikan tidak ada pemudik yang bisa lolos dari penyekatan mudik Operasi Ketupat Jaya 2021 yang digelar sesuai kebijakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya