Rabu 10 Juni 2020, 08:40 WIB

Ketua DPRD Sebut SIKM Masih Penting, Check Point Harus Diperketat

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Ketua DPRD Sebut SIKM Masih Penting, Check Point Harus Diperketat

MI/Andri Widiyanto
Petugas memeriksa surat izin keluar masuk (SIKM) untuk masuk wilayah Jabodetabek di KM 47 Tol Cikampek-Jakarta, Jawa Barat, Rabu (27/5/2020)

 

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan kebijakan penerapan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) masih dibutuhkan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di ibu kota. Hal ini untuk mencegah teradinya lonjakan pendatang pascalebaran.

"Saya sih setuju dengan kebijakan SIKM tetap (ada). Adanya ketentuan siapa saja yang dibolehkan dan harus ada penanggung jawab perjalanan, akhirnya orang juga enggak main-main kalau mau ke sini," ujar Prasetyo saat dihubungi, Jakarta, Rabu (10/6).

Prasetyo pun meminta Pemprov DKI memperketat pengawasan di titik pemeriksaan atau check point. Menurutnya, masih ada warga yang mencari celah untuk tetap masuk ke Jakarta. Jika banyak pendatang yang kembali ke ibu kota, dikhawatirkan bisa menambah jumlah kasus covid-19.

"Saya juga minta kepada aparat pengawas dan penindakan, Satpol PP, Dishub, sama TNI-Polri, check pointnya betul-betul diawasi. Di lapangan, ada saja yang lolos. Di kereta, seperti di Gambir itu ketat. Penerbangan juga ketat. Yang masih longgar di perjalanan mobil," jelas politikus PDI Perjuangan itu.

Baca juga: Instansi Negara yang Dikecualikan dari SIKM Bertambah

Jajaran Gubernur Anies Baswedan juga diminta berkoordinasi dengan daerah penyangga soal pengetatan di check point. Petugas harus tegas menindak warga yang tidak memiliki SIKM.

Diketahui, bagi warga yang nekat ke Jakarta tanpa SIKM, Pemprov DKI bakal mengarantina warga tersebut.

"SIKM mesti tetap ada. Lagian SIKM enggak susah juga kok, harus ada yang bertanggung jawab atas perjalanan. Pokoknya kalo ada orang yang mau masuk Jakarta, ditanya mana SIKM-nya?"pungkas Prasetyo/(OL-5)

Baca Juga

Antara

Gerindra: Pemprov DKI Tidak Sigap Antisipasi Longgarnya Prokes

👤Hilda Julaika 🕔Senin 18 Januari 2021, 18:31 WIB
Menurut Syarif, protokol kesehatan berupa memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sudah sangat kendor diterapkan di...
Ilustrasi

Kasus Grab Toko, Penyidik Periksa 2 Korban Penipuan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 18 Januari 2021, 17:19 WIB
Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyebutkan bahwa penyidik siber melakukan pemeriksaan terhadap korban yang ditipu hingga...
MI/Dwi Adam

PMJ Sebut, Raffi Ahmad tidak Terbukti Langgar Prokes Covid-19

👤Kisar Rajaguguk 🕔Senin 18 Januari 2021, 17:10 WIB
“Unsur pasal 93 tidak ada, karena memang hanya 18 orang di situ. Masuk dengan protokol kesehatan ada, kita sudah periksa semua. Ada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya