Selasa 02 Juni 2020, 16:35 WIB

New Normal KRL: Lansia di Luar Jam Sibuk, Balita Dilarang

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Megapolitan
New Normal KRL: Lansia di Luar Jam Sibuk, Balita Dilarang

MI/ANDRI WIDIYANTO
Penumpang turun dari KRL

 

MENJELANG New Normal, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengeluarkan aturan baru bagi pengguna kereta rel listrik (KRL) untuk meminimalkan penularan covid-19, termasuk diantaranya membatasi waktu individu lanjut usia (lansia) dalam menaiki KRL.

Hal ini dikarenakan lansia memiliki resiko tinggi dalam paparan covid-19. ""Mereka bisa naik KRL yang pertama atau naik KRL di luar jam sibuk yaitu 10.00-14.00 WIB," kata Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti saat preskon bersama BNPB, Selasa (2/6).

Selain lansia, untuk sementara ia juga melarang bayi lima tahun atau balita untuk menaiki KRL karena dikhawatirkan terkena virus juga. Wiwik menjelaskan pearangan ini berakhir apabila ada penurunan kasus covid-19 atau bahkan virus tersebut sudah hilang.

"Dengan demikian anak balita dibawah usia 5 tahun untuk sementara dilarang naik KRL sampai waktu yang ditentukan, karena kondisi sekarang adalah banyak anak-anak yang berpergian naik KRL tapi tidak menggunakan masker, jadi hanya orang tuanya saja," ungkapnya.

Baca juga: Inilah Tiga Tahapan Operasional KRL Menuju New Normal

Tak hanya itu, sebelumnya KCI pun telah memberlakukan kebijakan untuk tidak berbicara langsung dan berbicara melalui telephone seluler selama melakukan perjalanan dalam kereta. Pengguna KRL juga dihimbaunya bertransaksi secara non-tunai.

"Kemudian kebijakan yang akan kami terapkan adalah imbauan kepada pengguna untuk bertranskasi di mesin menggunakan kartu bank seperti linkaja, utamanya menggunakan transaksi non tunai untuk meminimalisir risiko melalui uang," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Dok BEM Nusantara

Gerakan Berbagi Warga Gandeng BEM Nusantara Salurkan Sembako di Warakas

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 02 Agustus 2021, 22:35 WIB
Diketahui, setiap harinya, Gerakan Berbagi Untuk Warga menyalurkan sebanyak 150 paket...
MI/ Rahmatul Fajri

Percepat Vaksinasi, 2 Ribu Dosis Vaksin per Hari Disiapkan di Kalideres

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 02 Agustus 2021, 19:48 WIB
Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengapresiasi kerja sama dengan pihak swasta, yakni Ciputra Grup yang menginisiasi vaksinasi...
MI/Yakub Pryatama Wijayaatmaja

Sandi Uno Sebut Holywings Tempat Asik untuk Vaksin

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 02 Agustus 2021, 19:10 WIB
Kolaborasi antara pemerintah dengan sektor industri, semisal hiburan seperti ini perlu terus didorong agar mampu segera menciptakan herd...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ini Adalah Pekerjaan Kita

POLDA Metro Jaya menggelar program Vaksinasi Merdeka dengan target seluruh warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin covid-19 tahap pertama pada 17 Agustus 2021.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya