Kamis 26 September 2019, 04:20 WIB

Padmamitra Awards Apresiasi Pelaksana CSR

(Put/J-3) | Megapolitan
Padmamitra Awards Apresiasi Pelaksana CSR

forumcsrdkijakarta.org
Logo Padmamitra Awards

 

PENGHARGAAN untuk program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) bertajuk Padmamitra Plus Award 2019 akan memberikan apresiasi kepada lembaga sektor ketiga. Selama ini lembaga sektor ketiga seperti yayasan, panti asuhan, dan lain-lain kurang mendapat perhatian. Padahal selama ini, lembaga sektor ketiga merupakan lembaga yang kerap membantu agar CSR bisa tepat sasaran.

"Mereka yang bantu perusahaan melakukan CSR dengan cara yang lebih efektif. Tanpa kemitraan, sulit mencapai target perusahaan," kata akademisi Universitas Trisaksi Maria Nindita Radyati, di Jakarta, kemarin.

Selain itu, apresiasi terhadap sektor ketiga ini penting agar mereka bisa mengembangkan program-programnya sejalan dengan perkembangan CSR serta bidang usaha dan perkembangan penduduk.

Di sisi lain, masih banyak yang menganggap lingkup bidang pengembangan CSR sempit seperti hanya berge-rak di bidang sosial atau kesehatan. Padahal lingkup bidang kerja pendanaan CSR cukup banyak dan luas.

"Misalnya saya contohkan, sebuah perusahaan global memberi CSR edukasi pada petani. Tapi di sisi lain, dia sudah berinvestasi untuk menanggulangi potensi kekeringan air di wilayah kerjanya. Tanpa dia sadari investasi itu adalah bentuk CSR," kata akademikus bidang manajemen ekonomi berkelanjutan itu.

Saat ini sudah ada standar ISO baru bagi CSR yakni ISO 26000 yang harus diikuti seluruh perusahaan di dunia termasuk di Jakarta.

ISO itu juga menegaskan ada indikator-indikator ukuran kesuksesan CSR yang dilakukan perusahaan.

Sementara itu, Dinas Sosial DKI Jakarta bersama Forum CSR DKI Jakarta akan kembali menggelar ajang penghargaan bagi para CSR di tingkat DKI Jakarta bertajuk Padmamitra (plus) Awards 2019. Gelaran yang dilakukan dua tahun sekali itu diikuti 60 perusahaan. Acara pengumuman pemenang akan dilakukan pada 2 November mendatang. (Put/J-3)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Satu Mobil Formula E Akan Dipamerkan saat HBKB di Jakarta Minggu Nanti

👤Mohamad farhan Zhuhri 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:46 WIB
"Mobil ini akan dipajang dan hanya 1," ujar Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad...
MI/Andri Widiyanto

Ada Minuman Keras dalam Daftar Sponsor Formula E, Sahroni : Itu Sponsor Global dari FEO

👤Mohammad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:07 WIB
Politikus NasDem itu menambahkan, iklan bir tersebut bukan merupakan mitra dalam negeri dan pihaknya tidak bisa ikut mencampuri urusan...
DOK BPK

Pemkot Tangsel Kembali Raih Opini WTP dari BPK

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 26 Mei 2022, 19:41 WIB
Pemkot Tangsel Banten meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten atas Laporan Keuangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya