Rabu 15 Mei 2019, 18:00 WIB

Selama Ramadan, Volume Sampah di Kota Depok Naik 20%

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Selama Ramadan, Volume Sampah di Kota Depok Naik 20%

MI/ BARY FATHAHILAH
Warga melintasi sampah yang menggunung di tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung, Depok,

 

DINAS Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menemukan adanya peningkatan tonase sampah warga di wilayah Kota Depok sebesar 20 % sejak dimulainya Ramadan tahun ini.

Menurut Kepala bidang Kebersihan DLHK Kota Depok Iyai Gumilar mengatakan, peningkatan tersebut disebabkan perubahan pola konsumsi masyarakat dengan meningkatnya konsumsi pada waktu berbuka puasa dan waktu sahur.

“Selama Ramadan (terhitung mulai 6 hingga 15 Mei), sampah yang masuk ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Cipayung, Kota Depok rata-rata 1.560 ton tiap hari, Artinya, terjadi peningkatan tonase sampah sebesar 260 ton/hari atau meningkat 20% pada Ramadan,“ ujar Iyai, Rabu (15/5).

Baca juga: KLHK Dorong Ramadan dan Mudik Minim Sampah

Menurutnya kebanyakan sampah adalah gabungan dari makanan yang tidak habis serta kemasan makanan. "Dari pengamatan kami sampah-sampah berasal dari sejumlah pusat perbelanjaan dan restoran karena orang-orang yang memesan terlalu banyak, tapi tak bisa menghabiskannya," kata Iyai.

Iyai menuturkan, indikator meningkatnya volume sampah dilihat dari jumlah penduduk. Diperkirakan, satu orang menghasilkan sampah sebanyak 0,6 kilogram. “Sebanyak 0,6 kilogram sampah untuk satu orang. Lalu dikalikan jumlah penduduk Kota Depok sekitar dua juta jiwa. Belum lagi sampah yang bukan dari warga lainya," tutur Iyai. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sakti Karuru

Penerapan Prokes di Sekolah yang Terapkan PTM 100 Persen Menurun

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:01 WIB
"Kami melihat, makin turun disiplin prokes di sekolah-sekolah. Kami yakin betul itu terjadi di seluruh sekolah-sekolah di Kota...
dok.ant

Pandemi Mereda Pedagang Bendera di Jakarta Bisa Tersenyum

👤Irfan Julyusman 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 08:50 WIB
MENJELANG 17 Agustus mulai tampak banyak penjual bendera yang menjajakan dagangan mereka, dari yang keliling hingga yang mangkal menunggu...
MI/Seno

Intoleransi di SMAN 58 Jakarta, Effendi: Sudah tidak Ada Persoalan  

👤Irfan Julyusman 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 08:31 WIB
Pihak sekolah saat itu sudah melakukan tindakan penyelesaian kasus tersebut, Effendi mengatakan proses penyelesaian hingga ke Dinas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya