Sabtu 21 Januari 2023, 15:41 WIB

Longsor Salju di Tibet, Korban Tewas Capai 28 Orang

Cahya Mulyana | Internasional
Longsor Salju di Tibet, Korban Tewas Capai 28 Orang

AFP
Ilustrasi salju yang menutupi wilayah pegunungan.

 

OPERASI penyelamatan untuk menemukan sejumlah orang yang terjebak dalam longsoran salju di wilayah Tibet sudah dihentikan. Media pemerintah Tiongkok melaporkan jumlah korban tewas mencapai 28 orang.

Penduduk Tiongkok terjebak di dalam kendaraan mereka, saat terjadi longsor salju yang menutupi pintu keluar terowongan di Kota Nyingchi pada Selasa (17/1) waktu setempat. Tim penyelamat mengungkapkan bahwa bencana longsor itu dipicu angin kencang.

Baca juga: Korban Tewas Longsoran Salju di Tibet Bertambah

"Sebanyak 53 korban selamat ditemukan, dengan 5 orang di antaranya luka parah," bunyi laporan Global Times, yang mengutip pernyataan seorang pejabat pemerintah setempat.

Otoritas setempat mengirimkan 1.348 petugas penyelamat dan 236 peralatan untuk membantu upaya penggalian jalan sepanjang 7,5 kilometer.

Longsor menutupi akses jalan yang menghubungkan Kota Pai di Kabupaten Mainling dan Kabupaten Medog di Tibet, wilayah terpencil dan sebagian besar penduduknya beragama Buddha. Gunung ini memiliki ketinggian hampir 4.500 meter, serta lereng yang curam.

Baca juga: Pesawat dengan 72 Orang Penumpang Jatuh di Nepal

"Suhu yang meningkat juga berpengaruh dalam bencana longsor salju tersebut," ujar para ahli dari markas penyelamatan darurat setempat.

Wilayah Himalaya sering dilanda longsoran salju. Pasalnya, wilayah itu merupakan rumah bagi gunung tertinggi di dunia. Diketahui, 26 orang tewas pada Oktober lalu, setelah ekspedisi pendakian gunung terjebak dalam longsoran salju di Gunung Draupadi.(GlobalTimes/OL-11)

Baca Juga

AFP Peruvian Presidency

Belasan Orang Tewas Akibat Tanah Longsor di Peru Selatan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:55 WIB
Pihak berwenang setempat memperingatkan bahwa jumlah korban akibat bencana tersebut dapat...
Ist/DPR

Komisi I DPR Dorong Indonesia Berperan Aktif Wujudkan Perdamaian Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:11 WIB
Jazuli Juwaini Mendorong Indonesia untuk bisa berperan aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia dengan cara aktif mengkampanyekan kerukunan...
AFP

Putin Sampaikan Belasungkawa kepada Erdogan

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 07 Februari 2023, 08:28 WIB
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/2), menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah gempa bumi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya