Rabu 04 Januari 2023, 17:15 WIB

UEA dan Tiongkok Serukan Pertemuan PBB terkait Provokasi Ben-Gvir

Ferdian Ananda Majni | Internasional
UEA dan Tiongkok Serukan Pertemuan PBB terkait Provokasi Ben-Gvir

AFP/Administrasi Temple Mount.
menteri Israel dan ketua partai Kekuatan Yahudi Itamar Ben-Gvir (Tengah) berjalan melalui halaman kompleks masjid Al-Aqsa Jerusalem.

 

UNI Emirat Arab (UEA) dan Tiongkok menyerukan pertemuan Dewan Keamanan PBB setelah Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel Itamar Ben-Gvir memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa. Tindakan Ben-Gvir itu mendapatkan kecaman secara luas.

"Dewan diperkirakan akan bersidang pada Kamis," kata para diplomat pada Selasa (3/1) malam sebagaimana dilansir Aljazeera. Tindakan Ben-Gvir menuai kecaman keras di seluruh dunia. Bahkan Mesir, Yordania, Arab Saudi, Turki, dan UEA bergabung dengan Palestina dalam mengutuknya. 

Kepemimpinan Palestina menyebut intrusi itu sebagai provokasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kementerian luar negeri Palestina mengutuk keras penyerbuan Masjid Al-Aqsa oleh menteri ekstremis Ben-Gvir dan memandangnya sebagai provokasi yang belum pernah terjadi dan eskalasi konflik yang berbahaya.

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh menuduh Ben-Gvir melakukan perjalanan itu merupakan upaya untuk mengubah tempat suci itu menjadi kuil Yahudi sebagai tujuan banyak orang di sayap kanan Israel. Hamas, kelompok yang memerintah Jalur Gaza yang terkepung, memperingatkan bahwa langkah Ben-Gvir sama dengan melintasi garis merah. 

Militer Israel mengatakan roket ditembakkan dari Gaza pada Selasa malam, tetapi jatuh di wilayah Palestina. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengeluarkan pernyataan pada Selasa malam yang mengklaim bahwa dia berkomitmen untuk secara ketat mempertahankan status quo, tanpa perubahan, di Temple Mount atau kompleks Masjid Al-Aqsa.

Pada Selasa, media Israel melaporkan bahwa rencana kunjungan Netanyahu ke UEA minggu depan telah ditunda hingga Februari, meskipun sumber yang dekat dengan pemimpin Israel membantah bahwa itu ada hubungannya dengan insiden Al-Aqsa. Pemimpin oposisi Israel dan mantan perdana menteri Yair Lapid telah memperingatkan pada Senin bahwa rencana masuk Ben-Gvir ke kompleks tersebut akan menyebabkan kekerasan dan menyebutnya sebagai provokasi disengaja yang akan membahayakan nyawa.

AS, sekutu terdekat Israel, mengungkapkan keprihatinan mendalam atas perkembangan tersebut. "Kami sangat prihatin dengan tindakan sepihak yang berpotensi memperburuk ketegangan justru karena kami ingin melihat yang sebaliknya terjadi," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price. "Amerika Serikat berdiri teguh untuk pelestarian status quo bersejarah sehubungan dengan tempat-tempat suci di Jerusalem." Dia menambahkan bahwa setiap tindakan sepihak yang melemahkan status quo tidak dapat diterima. 

Kompleks Masjid Al-Aqsa, yang dikenal sebagai Temple Mount bagi orang Yahudi, ialah tempat suci bagi Muslim dan Yahudi. Namun, orang Yahudi secara tradisional percaya bahwa situs itu terlalu suci untuk diinjak. Pada Selasa, kepala rabbi Sephardi Israel, Yitzhak Yosef, mengkritik Ben-Gvir karena memasuki Al-Aqsa. "Apa yang akan dikatakan orang ketika mereka melihat seorang menteri, seorang Yahudi yang taat, yang mencemooh posisi rabi?" dia bertanya. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Khaled DESOUKI

Mumi Tertua dan Terlengkap Ditemukan di Makam Firaun

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:30 WIB
Banyak patung ditemukan di antara makam, termasuk satu yang mewakili seorang pria dan istrinya serta beberapa...
AFP/Frederic J BROWN

Tiongkok Keluarkan Peringatan setelah Warganya Jadi Korban Penembakan di AS

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:50 WIB
Konjen Tiongkok di Los Angeles memastikan seorang warga negaranya tewas dalam penembakan massal pada pesta perayaan Tahun Baru Imlek di...
AFP

IAEA Laporkan Ledakan di Dekat PLTN Zaporizhzhia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:49 WIB
Pasukan Rusia merebut pabrik Zaporizhzhia dari Ukraina pada awal Maret, tak lama setelah melakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya