Kamis 29 Desember 2022, 21:11 WIB

Vatikan: Kondisi Paus Emeritus Benediktus XVI Stabil

Widhoroso | Internasional
Vatikan: Kondisi Paus Emeritus Benediktus XVI Stabil

AFP
Paus Emeritus Benediktus XVI

 

KONDISI Paus Emeritus Benediktus XVI saat ini serius namun stabil. Demikian dinyatakan Vatikan, Kamis (29/12) sehari setelah mengungkapkan kesehatan pria berusia 95 tahun itu telah memburuk.

"Paus Emeritus dapat beristirahat dengan baik tadi malam. Dia benar-benar jernih dan waspada dan hari ini, meskipun kondisinya tetap serius, situasinya saat ini stabil," kata kantor pers Vatikan, Kamis.

Paus Emeritus Benediktus XVI, yang pada 2013 menjadi Paus pertama sejak Abad Pertengahan yang mengundurkan diri dari posisi kepala Gereja Katolik sedunia, memang mengalami masalah kesehatan selama bertahun-tahun dan menggunakan kursi roda.

Kemarin, Paus Fransiskus mengungkapkan kepada khalayak umum bahwa pendahulu tersebut, yang bernama lahir Joseph Ratzinger, saat ini mengalami 'sakit parah. Paus Fransiskus meminta orang-orang untuk berdoa bagi Paus Emeritus Benediktus XVI.

Vatikan kemudian mengonfirmasi bahwa kesehatan mantan paus telah memburuk "karena usia lanjut". Sementara sumber Vatikan mengatakan bahwa kondisinya mulai memburuk sekitar tiga hari yang lalu. "Fungsi organ vitalnya gagal, termasuk jantungnya," kata sumber itu. (AFP/OL-15)

Baca Juga

AFP

PM Anwar Ibrahim Tunjuk Puterinya Jadi Penasihat Bidang Ekonomi

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:55 WIB
Anwar Ibrahim mengatakan bahwa Nurul Izzah tidak dibayar untuk peran penasihat senior. Penunjukan itu mulai berlaku pada 3 Januari...
Bulent Kilic/AFP

Militer Rusia Kuasai Desa Dekat Bakhmut di Donetsk

👤 Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:37 WIB
Rusia mengatakan telah merebut sebuah desa di pinggiran utara Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina. Desa Blahodatne, yang berjarak sekitar...
AFP/Handout / Pakistan

Korban Tewas Bom Bunuh Diri di Pakistan Jadi 100 Orang

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:33 WIB
Sebagian besar korban yang tewas dalam aksi pengeboman bunuh diri pada Senin (30/1) petang itu adalah anggota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya