Sabtu 31 Desember 2022, 17:41 WIB

Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia

Cahya Mulyana | Internasional
Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia

Gabriel BOUYS / AFP
Paus Emeritus Benediktus XVI

 

MANTAN Paus Benediktus XVI telah meninggal pada usia 95 tahun. Vatikan mengumumkan pada Sabtu (31/12). Hampir satu dekade setelah dia menjadi paus pertama yang mengundurkan diri dalam enam abad.

"Dengan kesedihan saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," kata Juru Bicara Vatikan Matteo Bruni dalam sebuah pernyataan.

Benediktus hampir sepenuhnya menarik diri dari pandangan publik, kesehatannya dilaporkan goyah dan beberapa foto yang muncul menunjukkan kelemahannya. Pada 2013, dia mengutip kesehatan fisik dan mentalnya yang menurun dalam keputusannya untuk menjadi paus pertama sejak 1415 yang melepaskan pekerjaan sebagai kepala gereja Katolik sedunia.

Benediktus adalah seorang teolog yang brilian tetapi kepausannya dilanda oleh pertikaian di Vatikan dan skandal pelecehan seksual terhadap anak-anak yang mengguncang Gereja Katolik di seluruh dunia, di mana dia dikritik karena kurangnya kepemimpinan.

Baca juga: Putin Ucapkan Pesan Tahun Baru untuk Negara-Negara Sahabatnya

Skandal pelecehan membayangi bulan-bulan terakhirnya setelah laporan yang memberatkan untuk gereja Jerman pada Januari 2022 menuduhnya secara pribadi gagal menghentikan empat pendeta predator pada 1980-an saat menjadi uskup agung Munich.

Dia membantah melakukan kesalahan dan Vatikan sangat membela catatannya sebagai paus pertama yang meminta maaf atas skandal tersebut, yang mengungkapkan penyesalannya yang mendalam dan bertemu dengan para korban.

Lahir pada 16 April 1927, di Marktl am Inn, di Bavaria, Benediktus berusia 78 tahun ketika ia menggantikan Yohanes Paulus II yang telah lama memerintah dan populer pada April 2005, paus Jerman pertama di era modern. (Aljazeera/OL-4)

Baca Juga

AFP Peruvian Presidency

Belasan Orang Tewas Akibat Tanah Longsor di Peru Selatan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:55 WIB
Pihak berwenang setempat memperingatkan bahwa jumlah korban akibat bencana tersebut dapat...
Ist/DPR

Komisi I DPR Dorong Indonesia Berperan Aktif Wujudkan Perdamaian Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:11 WIB
Jazuli Juwaini Mendorong Indonesia untuk bisa berperan aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia dengan cara aktif mengkampanyekan kerukunan...
AFP

Putin Sampaikan Belasungkawa kepada Erdogan

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 07 Februari 2023, 08:28 WIB
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/2), menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah gempa bumi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya