Senin 02 Januari 2023, 18:45 WIB

Jenazah Paus Benediktus XVI Disemayamkan di Vatikan

Ferdinan Ananda Majni | Internasional
Jenazah Paus Benediktus XVI Disemayamkan di Vatikan

AFP/Tiziana FABI
Jenazah Paus Benediktus XVI mengenakan jubah berkabung kepausan merah dan mengenakan mitra bermata emas di kepalanya, Minggu (1/1).

 

UMAT Katolik pada Senin (2/1) dapat memberikan penghormatan di Vatikan kepada Paus Benediktus XVI, yang jenazahnya akan disemayamkan selama tiga hari di Basilika Santo Petrus sebelum pemakamannya.

Teolog Jerman yang meninggal pada Sabtu (31/12) dalam usia 95 tahun, memimpin Gereja Katolik selama delapan tahun sebelum menjadi paus pertama dalam enam abad yang mundur pada 2013.

Penggantinya Paus Fransiskus akan memimpin pemakaman pada Kamis (5.1) di Lapangan Santo Petrus yang luas, sebelum jenazahnya disemayamkan di makam di bawah Basilika Santo Petrus.

Benediktus meninggal di biara Mater Ecclesiae di dalam taman Vatikan, yang telah menjadi rumahnya selama satu dekade terakhir.

Jenazahnya akan dipindahkan Senin pagi ke Basilika di mana, selama tiga hari pada siang hari, umat beriman akan dapat mengucapkan selamat tinggal.


Baca juga: Kaisar Jepang Tampil Pertama Kali di Tahun Baru sejak 2020


Vatikan pada Minggu (1/1) merilis foto-foto jenazahnya, mengenakan jubah berkabung kepausan merah dan mengenakan mitra bermata emas di kepalanya, di atas catafalque di kapel biara.

Pengunduran diri Benediktus yang mengejutkan menciptakan situasi luar biasa karena memiliki dua 'pria berbaju putih' -- dia dan Francis -- di Vatikan.

Pemakamannya juga akan membuka jalan baru. Kematian kepausan biasanya memicu pemanggilan para kardinal untuk memilih penggantinya, tetapi kali ini Fransiskus tetap di pos, dan akan memimpin persidangan.

"Pemakaman Benediktus akan khusyuk tetapi sederhana," kata Vatikan, setelah itu dia akan dimakamkan di makam kepausan di bawah Basilika Santo Petrus.

Vatikan belum merilis rincian daftar tamu, selain mengatakan bahwa itu akan mencakup delegasi dari Italia dan Jerman asli Benediktus. (AFP/OL-16)

 

Baca Juga

MOHAMMED BADRA / POOL / AFP

Zelensky Minta Jet Lagi Tempur dalam Kunjungan ke Prancis dan Inggris

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:33 WIB
Kunjungannya ke Prancis membuatnya mengadakan pertemuan makan malam dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang juga dihadiri oleh...
ANTARA FOTO/Fauzan

Restoran di Jerman Berlakukan Denda Jika tak Habiskan Makanan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:09 WIB
Restoran China Fang di Rhauderfehn, misalnya, akan membebankan biaya tambahan 10 euro (sekitar Rp162.000) kepada para tamu yang menyisakan...
AFP

Kim Jong-un Unjuk Rudal Antarbenua dan Nuklir

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Februari 2023, 14:21 WIB
Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mempertontonkan rudal balistik antarbenua (ICBM) dan hulu ledak nuklor dalam parade militer besar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya