Kamis 17 November 2022, 15:02 WIB

Bertolak ke Thailand, Presiden Jokowi Hadiri KTT APEC

Andhika Prasetyo | Internasional
Bertolak ke Thailand, Presiden Jokowi Hadiri KTT APEC

Antara
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara memberi hormat sebelum memasuki pesawat kepresidenan.

 

PRESIDEN Joko Widodo bertolak menuju Bangkok, Thailand, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2022.

Kepala Negara beserta rombongan lepas landas melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Kamis (17/11) siang.

"Hari ini, saya dengan Ibu Negara dan delegasi terbatas, akan berangkat menuju Bangkok, Thailand. Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT APEC hingga 18 November 2022," ujar Jokowi dalam keterangannya.

Baca juga: Narendra Modi Pastikan Presidensi G20 India akan Inklusif

KTT APEC merupakan rangkaian terakhir KTT setelah ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, serta KTT G20 di Bali, Indonesia. Presiden menyampaikan bahwa fokus utama Indonesia dalam KTT APEC adalah mendorong pemulihan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Prinsipnya, leave no one behind. Transformasi digital, ekonomi hijau dan hilirisasi menjadi prioritas Indonesia di APEC pada tahun ini," jelas Jokowi, sapaan akrabnya.

Baca juga: Jokowi: Pembahasan Konflik Rusia-Ukraina di KTT G20 Berlangsung Alot

Menurut Kepala Negara, APEC mewakili hampir 3 miliar penduduk dunia dan 60% Produk Domestik Bruto PDB dunia. Oleh karena itu, sudah semestinya kerja sama kawasan tersebut menjadi mesin pertumbuhan ekonomi global.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan dan Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto.

Lalu, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, serta Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.(OL-11)

Baca Juga

AFP/Madaree Tohlala.

Tradisi Tahun Baru dari Berbagai Negara di Dunia

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 02 Desember 2022, 20:08 WIB
Setiap negara punya cara tersendiri untuk merayakan tahun...
AFP/Saul Loeb.

Tradisi Natal Unik di Berbagai Belahan Dunia

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 02 Desember 2022, 19:30 WIB
Mereka dapat memasak, bermain, hingga makan malam bersama. Selain itu, terdapat beberapa tradisi Natal yang wajib dilakukan di berbagai...
AFP KCNA VIA KNS

Tiga Negara Jatuhkan Sanksi ke Korut

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:30 WIB
Tiga negara telah memberlakukan sanksi baru terhadap individu dan entitas Korea Utara (Korut) sebagai tanggapan atas uji coba rudal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya