Rabu 16 November 2022, 17:17 WIB

Narendra Modi Pastikan Presidensi G20 India akan Inklusif

M. Ilham Ramadhan Avisena | Internasional
Narendra Modi Pastikan Presidensi G20 India akan Inklusif

AFP
PM India Narendra Modi saat menghadiri sesi KTT G20 di Bali, Indonesia.

 

PERDANA Menteri India Narendra Modi memastikan bahwa Presidensi G20 India 2023 akan inklusif, ambisius, tegas dan berorientasi pada tindakan. 

India juga bakal mendorong G20 untuk bertindak sebagai penggerak utama global. Khususnya, dalam membayangkan sejumlah ide baru dan mempercepat aksi kolektif.

"India mengambil alih G20 pada saat dunia secara bersamaan bergulat dengan ketegangan geopolitik, perlambatan ekonomi, kenaikan harga pangan dan energi, serta efek buruk jangka panjang dari pandemi," ujarnya, Rabu (16/11).

Baca juga: Presiden Serahkan Kepemimpinan G20 ke India

"Pada saat seperti itu, dunia memandang G20 dengan harapan," imbuhnya dalam penutupan pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali.

Menurut Modi, kebutuhan dunia saat ini adalah pembangunan yang bersifat universal dan menyeluruh. Oleh karena itu, G20 harus memperluas manfaat pembangunan terhadap semua umat manusia dengan belas kasih dan solidaritas.

Apalagi, pembangunan global tidak mungkin terjadi tanpa partisipasi perempuan. Bahkan, lanjut Modi, penting untuk memprioritaskan pembangunan yang dipimpin perempuan dalam agenda G20.

Baca juga: Berakhir Hari Ini, KTT G20 Hasilkan Deklarasi Bersama

"Tanpa perdamaian dan keamanan, generasi masa depan kita tidak akan memanfaatkan pertumbuhan ekonomi atau inovasi teknologi," pungkasnya.

"G20 harus menyampaikan pesan yang kuat demi perdamaian dan harmoni. Semua prioritas ini sepenuhnya diwujudkan dalam tema Keketuaan G20 India, yaitu One Earth, One Familiy, One Future," sambung Modi.

Pihaknya turut mengapresiasi penyelenggaran Presidensi G20 Indonesia, karena berhasil melahirkan Deklarasi Bersama. "India akan berusaha untuk memajukan prakarsa terpuji Indonesia selama Presidensi G20," tutupnya.(OL-11)

Baca Juga

AFP

UE Sambut Kroasia ke Zona Schengen, Bulgaria dan Rumania Ditolak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:24 WIB
Zona Schengen memungkinkan orang bepergian antarnegara anggotanya untuk menyeberang secara umum tanpa harus menunjukkan paspor, KTP, atau...
AFP

Eks Presiden Peru Pedro Castillo Cari Perlindungan di Meksiko

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:20 WIB
Adapun Pedro Castillo ditangkap setelah berusaha membubarkan Kongres Peru, sebagai upaya terakhir yang gagal untuk menghindari pemungutan...
AFP

Dari Lockdown Picu Unjuk Rasa Menuntut Demokrasi di Tiongkok

👤Muhammad Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:15 WIB
PARTAI Komunis China (PKC) yang menguasai jalannya pemerintah dan arah negara, menyatakan akan menindak tegas semua kegiatan infiltrasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya