Jumat 08 Juli 2022, 15:06 WIB

Penembak Shinzo Abe Ditangkap tanpa Perlawanan

Cahya Mulyana | Internasional
Penembak Shinzo Abe Ditangkap tanpa Perlawanan

AFP
Penangkapan seorang pria diduga pelaku penembakan PM Jepang Shinzo Abe.

 

PELAKU penembakan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, telah ditangkap dan ditahan kepolisian Nara pada Jumat waktu setempat. 

Abe ditembak dua kali yang menyasar punggung dan membuatnya henti jantung. Pelaku merupakan laki-laki berusia 40-an tahun bernama Yamagami Tetsuya, menurut laporan media Jepang, NHK. 

Aparat keamanan setempat kemudian menahan pelaku tanpa perlawanan. Sementara itu, Abe yang tersungkur dibantu paramedis, kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat.

Baca juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Diduga Ditembak

Diketahui, Abe ditembak dari arah belakang sebanyak dua kali, dengan tembakan kedua mengenai punggungnya. Tembakan itu menyebabkan dirinya terjatuh.

Mantan Gubernur Tokyo, Yoichi Masuzoe, mengungkapkan bahwa Abe dalam henti jantung. Istilah ini sering digunakan sebelum kematian secara resmi dikonfirmasi di Jepang.

Berbagai video yang beredar di media sosial, yang saat ini belum bisa diverifikasi, menunjukkan paramedis berkerumun di sekitar Abe yang tergeletak di tengah jalan. Abe kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Jepang Berjanji tidak Akan Berperang Lagi

Saat ditembak, Abe sedang memberikan pidato politik untuk mendukung seorang kandidat pejabat lokal di Nara. Beberapa saksi mata berkata melihat seorang pria melepaskan tembakan senjata api dari arah belakang Abe.

Tembakan pertama tampaknya meleset dan tidak mengenai Abe. Namun, tembakan kedua mengenai punggung Abe dan membuatnya jatuh ke tanah, serta mengeluarkan darah.

Abe merupakan PM Jepang terlama, yang mengundurkan diri pada 2020 dengan alasan kesehatan. Abe kemudian mengungkapkan bahwa dirinya menderita penyakit usus kolitis ulseratif kambuhan.(BBC/NHK/OL-11)

Baca Juga

AFP/JOEL SAGET

Salman Rushdie dan Karyanya yang Kontroversial

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 04:45 WIB
Rushdie, keturunan India beragama Islam, yang memproklamirkan dirinya sebagai “Ateis garis keras”, menjadi terkenal setelah...
AFP/Hector RETAMAL

Shanghai Perpanjang Tes Wajib Covid-19 hingga September

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 20:50 WIB
Warga yang tidak memiliki catatan tes asam nukleat dalam waktu tujuh hari akan ditandai dengan kode kuning di sistem kesehatan...
ANTARA/Irwansyah Putra

Paspor RI Ditolak di Jerman, Ini Solusi dari Ditjen Imigrasi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 19:00 WIB
Ditjen Imigrasi sejak 2019 menerbitkan paspor elektronik dan nonelektronik tanpa adanya kolom tanda tangan dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya